Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Rumah Australia Tidak Terjangkau

Suku bunga kredit perumahan rakyat (KPR) Australia berada di titik terendah dalam 4,5 tahun terakhir. Menurut badan statistik Australia, jumlah utang rumah rata-rata melonjak ke nilai 322.900 dollar Australia pada Januari 2014.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 17 April 2014  |  19:20 WIB

Bisnis.com, AUSTRALIA – Suku bunga kredit perumahan rakyat (KPR) Australia berada di titik terendah dalam 4,5 tahun terakhir. Menurut  badan statistik Australia, jumlah utang rumah rata-rata melonjak ke nilai 322.900 dollar Australia pada Januari 2014.

Kurangnya jumlah rumah terjangkau di kota-kota besar di Austaralia membuat masyarakat yang akan membeli rumah untuk pertama kalinya, harus merencanakan jumlah utang, atau memutuskan untuk tidak membeli rumah.

“Tingginya level keterjangkauan rumah didasarkan fakta bahwa suku bunga saat ini sangat rendah. Pembeli rumah harus lebih mempertimbangkan harga,” kata peneliti senior penyedia informasi properti, RP, di Brisbane Rabu (16/4).

Variabel rata-rata pinjaman rumah adalah 5,95% per 31 Maret 2014, terendah sejak September 2009. Rekor bunga terendah bank sentral Australia yaitu 2,5%, mendorong penurunan biaya hipotek.

Menurut badan statistik, hampir 85% pemilik rumah membeli rumahnya dengan tingkat pinjaman yang dapat disesuaikan (adjustable) yang rentan terhadap kenaikan suku bunga. Bahkan, ketika pembeli memilih untuk memperbaiki biaya hipotek mereka, pinjaman akan kembali ke tingkat variabel, setelah jangka waktu beberapa tahun.

Sayangnya, tidak seperti kota-kota lain di dunia, Australia hanya memiliki sedkiti kota berukuran medium yang dapat menjadi alternatif keluarga, untuk menghindari tingginya harga rumah di kota besar.(Bloomberg)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top