Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MISTERI MH370: Malaysia Koreksi Rekaman Percakapan Terakhir Pilot

Koreksi yang dilakukan pejabat Malaysia terkait percakapan terakhir yang direkam sebelum pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang pada 8 Maret lalu kian memicu spekulasi soal misteri mengenai posisi pesawat tersebut hingga kini.
Grafis/CNN/created YUS
Grafis/CNN/created YUS

Bisnis.com, JAKARTA - Koreksi yang dilakukan pejabat Malaysia terkait percakapan terakhir yang direkam sebelum pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang pada 8 Maret lalu kian memicu spekulasi soal misteri mengenai posisi pesawat tersebut hingga sekarang.

 

"Percakapan pilot yang terakhir ternyata bukanlah “All right, good night”, tapi  “Good night Malaysian three seven zero," kata Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Hussein.

 

Pernyataan pejabat otoritas Malaysia itu muncul setelah sejumlah jurnalis bertanya dalam konferensi pers dengan, Senin malam, 31 Maret 2014 sebagaimana dikutip BBC.com.  

Kementerian Transportasi Malaysia mengatakan investigasi forensik akan menentukan apakah pilot atau kopilot yang mengeluarkan kalimat itu. Namun belum ada penjelasan resmi mengapa koreksi atas percakapan terakhir itu butuh waktu lama untuk menentukan kata-kata mana yang benar. 

Terkait koreksi, kritik pedas dari keluarga penumpang asal China terus bermunculan. Mereka menilai Malaysia tidak becus dan menyembunyikan informasi mengenai MH370 yang sampai saat ini belum ditemukan.

Sebelumnya Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak pada 24 Maret 2014 mengumumkan pesawat jet Boeing 777-222 itu berakhir di perairan Samudera Hindia. Menurutnya, tidak seorang pun dari penumpang diyakini selamat.

Hingga kini pencarian terhadap pesawat itu masih dilakukan di sekitar Samudera Hindia yang dipimpin oleh Australia. Namun demikian belum ada petunjuk yang ditemukan untuk menentukan lokasi pesawat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : www.bbc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper