Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebakaran Hutan Riau: Titik Api Jadi 121 Titik

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengklaim titik api di Provinsi Riau menurun menjadi hanya 121 titik dari 777 titik setelah dilakukan operasi secara intensif
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 29 Maret 2014  |  12:13 WIB
Kebakaran Hutan Riau: Titik Api Jadi 121 Titik
Kabut asap kebakaran hutan Riau
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU— Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengklaim titik api di Provinsi Riau menurun menjadi hanya 121 titik dari 777 titik setelah dilakukan operasi secara intensif.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebanyak 52 hotspot berhasil dipadamkan oleh satgas.

Hotspot terpantau di beberapa wilayah Riau dan terkonsentrasi di bagian Utara dan Timur, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Siak, Pelalawan, dan Indragiri Hulu.

"Pemadaman darat dilakukan oleh personil dari TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, dan satuan lain, bahkan dari beberapa perusahaan perkebunan. Lebih dari 2.000 personel saling bekerjasama untuk memadamkan api dan asap tersebut," kata Sutopo dalam siaran pers yang diterima Sabtu (29/3/2014).

Dia menambahkan operasi hujan buatan berhasil menurunkan hujan di Pekanbaru, Bangkinang, Koto Kampar (Kampar), Pasir Pangarayan (Rohil), Sedinginan (Rohul), Dumai, dan Tembilahan (Inhil).

Adapun, pemantauan kualitas udara dengan menggunakan indeks standar pencemaran udara (ISPU) menunjukkan angka di Kandis 500 psi dan Bangko 492 psi. Angka tersebut menunjukkan bahwa kualitas udara dalam kategori berbahaya.

Personil TNI dan Manggala Agni terus bergerak untuk memadamkan asap di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil agar asap tidak mengarah ke Pekanbaru dan mengganggu operasional bandara. Satgas udara tetap terus mengoptimalkan hujan buatan dan water bombing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebakaran hutan kebakaran hutan riau
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top