Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Tradisional Cianjur Besok Dibuka

Pasar tradisional Cilaku di Cianjur, Jawa Barat yang masuk dalam program strategis Kementerian Koperasi dan UKM, akan resmi beroperasi Selasa (25/3/2014) secara resmi beroperasi sebagai pusat promosi produk unggulan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Bisnis.com, JAKARTA—Pasar tradisional Cilaku di Cianjur, Jawa Barat yang masuk dalam program strategis Kementerian Koperasi dan UKM, akan resmi beroperasi Selasa (25/3/2014) secara resmi beroperasi sebagai  pusat promosi produk unggulan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Emilia Suhaimi, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengemukakan pasar yang direvitalisasi dengan anggaran antara Rp900 juta hingga Rp1 miliar itu diprioritaskan untuk memenuhi fasilitas transaksi  pelaku usaha sektor riil.

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan dijadwalkan meresmikan pasar tradisional Cilaku di Jalan Raya Cianjur-Cibeber.

Pengelolaan pasar dipercayakan kepada Koperasi Per Adil Sentosa, sekaligus untuk mengoptimalkan peran serta anggotanya.

 ”Kehadiran pasar tradisional sangat strategis untuk meningkatkan daya saing pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM). Khususnya di Cianjur yang ke depan diyakini semakin potensial,” katanya kepada Bisnis, Senin (24/3/2014).

 Kehadiran Menteri Koperasi dan UKM di Cianjur, dimanfaatkan Koperasi Per Adil Sentosa untuk membuka  Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Koperasi itu memiliki anggota sebanyak 1.300 orang sehingga memiliki peranan meningkatkan ekonomi kelompok dan Cianjur secara umum.

Oleh karena itu pemerintah memberi dukungan kepada koperasi terkait. Sebab berdampak positif bagi pemberdayaan ekonomi Cianjur. 

Peresmian pasar tradisional di Jawa Barat merupakan yang ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan di Sukabumi dan Bogor.

Program strategis Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk pembangunan atau revitalisasi pasar tradisional, secara khusus menjadi sarana transaksi perdagangan skala usaha mikro dan kecil (UMK) yang selama ini tidak mempunyai lokasi usaha tetap.

Fasilitas itu diharapkan mampu meningkatkan pendapatan setelah memiliki lokasi usaha tetap.

Kehadiran Sjarifuddin Hasan di Cianjur, sekaligus melakukan soft opening pembangunan pabrik PT Hanyoung Eletronic Indonesia di Jalan Raya Neglasari, Cianjur.  

Pabrik baru tersebut juga membuka peluang kerja setidaknya bagi masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper