Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemekaran Papua: Sorong Akan Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya

SORONG--Kota Sorong di Provinsi Papua Barat akan menjadi ibu kota Provinsi Papua Barat Daya yang telah diusulkan ke parlemen dan pemerintah pusat.
Peta kota Sorong, Papua/JIBI
Peta kota Sorong, Papua/JIBI

Bisnis.com, SORONG-- Kota Sorong di Provinsi Papua Barat akan menjadi ibu kota Provinsi Papua Barat Daya yang telah diusulkan ke parlemen dan pemerintah pusat.

"Pilihannya adalah Kota Sorong sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat yang sedang kami usulkan kepada pemerintah pusat dan parlemen," kata Wakil Ketua DPRD Papua Barat Jimmy Demianus Ijie kepada pers di Sorong, Minggu (23/3/2014)  pagi.

Dia mengatakan, usul pembentukan provinsi tersebut telah memasuki proses politik di parlemen, khususnya DPD RI. "DPD RI segera turunkan tim ke Papua Barat," tuturnya seperti dikutip Antara.

Namun, pengusulan Kota Sorong sebagai ibu kota provinsi, Jimmy menjelaskan, sifatnya hanya sementara. "Itu sementara, tidak permanen," katanya.

Dia menyebutkan  Wali Kota Sorong Lambert Djitmau telah menyatakan kesiapannya.

"Wali Kota Sorong sudah menyatakan siap," kata Jimmy yang menjadi koordinator DPRD Papua Barat untuk Percepatan Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya.

Tetapi, kata Jimmy, untuk mengantisipasi persoalan ke depan, terutama banjir dan macet, maka pihaknya mengusulkan penetapan Kota Sorong sebagai ibu kota adalah sementara.

"Kami usulkan ke depan ibu kota Papua Barat Daya di Distrik Sarosa," katanya.

Kawasan itu luas dan merupakan daerah di titik tengah dengan daerah berkembang lainnya, antara lain, Sorong, Sorong Selatan dan Maybrat.

Setujui DPRD Provinsi Papua Barat telah menyetujui usul pembentukan Provinsi Papua Barat Daya dan kini prosesnya ada di pemerintah pusat dan parlemen.

"Kami sudah setujui dalam rapat paripurna DPR Papua Barat pada 24 Februari 2014," jelas Jimmy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Antara
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper