Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Kuliahkan Gratis 1.000 Dosen ke LN. Berikut Syaratnya

Pemerintah akan menyelenggarakan program unggulan 1.000 doktor, dengan mengirim para dosen untuk belajar dan mengambil S-3 ke berbagai negaran
 Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com,JAKARTA- Pemerintah akan menyelenggarakan program unggulan 1.000 doktor, dengan mengirim para dosen untuk belajar dan mengambil S-3 ke berbagai negara.

Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendis Dede Rosyada Kementerian Agama mengatakan program 1000 doktor bertujuan meningkatkan mutu SDM, kapasitas dosen, dan proses pembelajaran di PTAI.

"Program 1.000 doktor ini akan didesain roadmapnya, agar tidak terjadi penumpukan komptensi SDM," kata Dede Rosyada dalam laman setkab.go.id Senin (17/3/2014).

"Tahun ini, minimal 200 dosen yang memenuhi syarat, akan dikirim ke berbagai negara untuk belajar dan mengambil S-3," tambahnya.

Selanjutnya Dede menginginkan tahun ini, ada 1.000 dosen yang dikirim pada tahun ini. Namun karena banyak hal, target pengiriman hanya 200 dosen.

“Program ini bersifat long time, jangka panjang, minimal 5 tahun," ujarnya.

Dede mengatakan tidak menutup kemungkinan percepatan program. Menurutnya, jika tahun depan ternyata memungkinkan untuk mengirimkan 1.000 dosen, itu akan dilakukan.

"Jika bisa langsung memenuhi kuota 1.000, kita sangat senang dan bersyukur," kata Dede Rosyada.

Adapun menyoal soal biaya, kata dia, akan dibiayai melalui APBN. Jika belum juga terpenuhi kuotanya, maka bisa kuliah di dalam negeri. Dede mengatakan, semua dosen yang ikut dalam program 1.000 doktor ini setelah lulus, harus kembali ke perguruan tingginya untuk mengabdikan diri di dalam negeri.

“Bagi dosen PTAI yang berminat, dia bisa mengakses berbagai persyaratan dan mendaftar secara online melalui http://pendis.kemenag.go.id.”

Selain program 1.000 doktor, lanjut Dede, Diktis juga berusaha semaksimal mungkin untuk melibatkan pada dosen PTAI/N dalam forum-forum internasional. Diktis akan membantu semaksimal mungkin melibatkan, kepada para dosen yang mempunyai karya berkualitas untuk dipresentasikan dalam forum-forum internasional..

"Transportasi, penginapan dan lain sebagainya, kami yang memfasilitasi. Dan bagi dosen yang mampu terlibat, akan kami beri penghargaan," tambahnya.

Pada masa mendatang, kata Dede, Kemenag akan mencanangkan ada "Indonesian Corner" di beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Program ini bertujuan memperkenalkan budaya dan keislaman Indonesia di kancah internasional.

"PTAI harus mampu menjadi jendela Islam Indonesia. Artinya, jika ada orang luar ingin mempelajari Islam Indonesia, bisa dengan melihat kiprah dan riset di PTAI," katanya.
Untuk itu, Dede menyatakan bahwa direktorat yang dipimpinnya siap membantu proses editing, translating, dan pengayaan karya ilmiah terbaik milik dosen PTAI.

"Karya tersebut akan kita gandakan dan akan dijadikan bagian dari pustaka Indonesian Corner nanti," kata Dede.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper