Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TMMIN dan ESQ Group Gelar Workshop Pra Pensiun

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan salah satu unit usaha ESQ Group, ESQ-MPP (Masa Persiapan Pensiun) menggelar workshop bagi karyawan PT. TMMIN yang akan memasuki masa pensiun
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BOGOR— PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan salah satu unit usaha ESQ Group, ESQ-MPP (Masa Persiapan Pensiun) menggelar workshop bagi karyawan PT. TMMIN yang akan memasuki masa pensiun.

HR Division TMMIN Subkhan Purnama mengatakan program ini digelar untuk mempersiapkan masa pensiun bagi seluruh karyawan PT TMMIN.

Workshop ini merupakan kontribusi dari manajemen atas kontribusi para karyawan selama bekerja di PT. TMMIN,” katanya di Bogor, Jawa Barat, (13/3/2014).

Lebih lanjut, Subkhan menambahkan kegiatan ini bertujuan menciptakan kondisi yang seimbang antara spiritual dan finansial.

“Kami ingin karyawan mencapai kesejahteraan lahir batin dan bisa tetap berkarya,” katanya.

Program pemberdayaan tersebut sudah dilakukan tiap tahun, namun ini kali pertama bekerja sama dengan ESQ Leadership Center. Menurut Subkhan, sekitar 30 peserta telah mengikuti pengujian mengenai minat dan bakat. Sehingga dengan adanya kegiatan ini akan lebih terasah dan memantapkan jiwa berwirausaha.

Langkah awal dan paling mendasar dari workhop ini adalah  membongkarmindset dari seseorang yang memperoleh penghasilan tetap agar yakin bahwa ada peluang mendapat penghasilan, yang mungkin lebih besar, yaitu dengan cara berniaga.

Sementara itu, Leader ESQ-MPP Anjar Yusuf Ramadhan menjelaskan ESQ MPP tidak hanya membangun pengalaman para peserta, tetapi juga mental.

Peserta tidak hanya disodorkan satu bidang usaha, tetapi mereka diajak untuk memilih usaha apa yang tepat. Mereka juga akan mendapat pendampingan dalam menjalankan usahanya.

"Masa pensiun bukan berarti pensiun beraktifitas, mereka juga masih bisa berkarya,” terang Anjar

Selain dapat bimbingan usaha, para peserta juga diajarkan bagaimana mengelola keuangan yang tepat. Strategi ini diajarkan agar karyawan yang telah pensiun bisa mengelola dana dengan tepat sehingga tidak mengalami kebangkrutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper