Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyesuaian Usia, 4 PNS Batal Pensiun

Sebanyak empat orang dari 14 pegawai negeri sipil (PNS) yang telah mengajukan pensiun memilih untuk kembali bekerja akibat adanya penyesuaian aturan terkait usia pegawai berdasarkan UU No. 5/2014 tentang aparatur sipil negara.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sebanyak empat orang dari 14 pegawai negeri sipil (PNS) yang telah mengajukan pensiun memilih untuk kembali bekerja akibat adanya penyesuaian aturan terkait usia pegawai berdasarkan UU No. 5/2014 tentang aparatur sipil negara.

Kepala BKD Kota Balikpapan Tatang Sudirja mengatakan keempat orang tersebut kabarnya akan kembali bekerja karena usianya masih belum masuk dalam kategori usia pensiun seperti yang diatur dalam regulasi yang baru.

“Kabarnya ada empat orang yang sudah mengajukan pension, tetapi memilih menunda selama dua tahun. Saya akan periksa lagi karena masih belum lengkap laporannya,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (7/3/2014).

Berdasarkan UU No. 5/2014 tentang aparatur sipil negara tersebut, usia pensiun pejabat administrasi ditambah dua tahun menjadi 58 tahun. Adapun untuk pejabat di atasnya, usia pensiunnya menjadi 60 tahun. Sementara itu, untuk jabatan fungsional, usia pensiunnya disesuaikan dengan aturan perundangan yang berlaku.

Contohnya guru, kata Tatang, usia pensiunnya sesuai jabatan fungsional telah diatur dalam UU No. 14/2005 tentang guru dan dosen yakni pada 60 tahun. Oleh karena itu, secara otomatis ketika guru yang terdaftar sebagai PNS telah memasuki usia 60 tahun telah dinyatakan pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper