Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Jabar Ingin Dilibatkan dalam Tender Galangan Kapal

Kadin Jawa Barat meminta pengusaha lokal dilibatkan dalam proyek galangan kapal yang tengah ditenderkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Kadin Jawa Barat meminta pengusaha lokal dilibatkan dalam proyek galangan kapal yang tengah ditenderkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Kelautan Perikanan dan Lingkungan Hidup Sugih Wiramikata mengatakan pentingnya industri galangan kapal melibatkan pengusaha lokal.

Menurutnya, pihaknya seringkali menerima keluhan dari nelayan di sejumlah wilayah di Jabar yang menganggap kapal yang merupakan hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan seringkali tidak sesuai dengan spesifikasi nelayan setempat.

"Kementerian Kelautan Saat ini sedang melelang 17 unit kapal diatas 30 GT dengan nilai mencapai Rp26 miliar. Sebuah nilai yang tidak kecil. Nah, kapal ini pada akhirnya diperuntukan bagi nelayan yang ada di Jabar," katanya, kepada wartawan, Senin (3/3/2014).

Dia menyebutkan pengadaan kapal dengan harga per unitnya mulai Rp4 miliar-Rp17 miliar itu dalam dokumen lelang pengerjaannya dilakukan di Sukabumi, Cirebon dan Subang. Akan tetapi, pada praktiknya hal itu justru dilakukan oleh pengusaha yang ada di Jawa Tengah.

Dengan demikian, nelayan dan pengusaha di Jabar tidak dilibatkan sama sekali dlaam proyek yang pada akhirnya justru diperuntukan bagi mereka sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdi Ardia
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper