Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Jateng Targetkan Kredit UKM Rp6 Triliun

Bank Jateng mengincar penyaluran kredit kepada UKM sebesar Rp6 triliun pada 2014 atau melonjak lebih dari 62% dari capaian tahun lalu.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 28 Februari 2014  |  17:48 WIB

Bisnis.com, SEMARANG--Bank Jateng mengincar penyaluran kredit kepada UKM sebesar Rp6 triliun pada 2014 atau melonjak lebih dari 62% dari capaian tahun lalu.

Direktur Operasional Bank Jateng Bambang Widi mengatakan pada 2013 nilai kredit sektor riil yang disalurkan kepada UKM mencapai Rp3,7 triliun. Nominal tersebut hanya 15% dari total kredit yang digulirkan Bank Jateng pada 2013.

"Pada 2014 ini kita akan tingkatkan sampai hampir dua kali lipatnya, menjadi Rp6 triliun," ujarnya, Jumat (28/2/2014).

Dengan target tersebut, porsi kredit riil kepada UKM pada tahun ini diproyeksi turut meningkat menjadi 30% dari total kredit Bank Jateng.

Peningkatan tersebut diharapkan dapat berlangsung secara progresif, sehingga pada 2018 Bank Jateng sudah memenuhi kewajiban penyaluran kredit sektor produktif sebesar 60% dari total kredit.

"Selanjutnya, pada 2015 kita tingkatkan lagi menjadi 45%, pada 2016 menjadi 50%, pada 2017 kalau bisa sih sudah 60%, jadi pada 2018 yang disyaratkan 60% itu kita sudah siap," kata Bambang.
 
Sektor perdagangan, imbuhnya, mendominasi penyaluran kredit UKM Bank Jateng. Selain itu, sektor pertanian dalam arti luas dan industri kerajinan juga menjadi sektor yang banyak mendapat kredit.

Bambang mengatakan sebelum krisis moneter 1998, porsi kredit produktif Bank Jateng mencapai 90%. Namun, porsinya tergerus seiring gejolak ekonomi yang meningkatkan risiko kredit macet.

"Kredit sektor riil ini bukan hal yang baru bagi Bank Jateng. Makanya sekarang mau kita coba lagi, supaya safety kita akan rating dulu UKM calon debiturnya," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank jateng
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top