Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respon Latihan Militer AS-Korsel, Korut Tembakkan Empat Rudal

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan bahwa militer Korea Utara telah menembakkan empat rudal jarak dekat ke arah pesisir laut timur

Bisnis.com, SEOUL -- Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan bahwa militer Korea Utara telah menembakkan empat rudal jarak dekat ke arah pesisir laut timur, Kamis (27/2/2014).

Namun, pihak Korsel sendiri belum memaparkan perkiraan mereka atas motif yang melatari aksi Korut itu, hanya memaparkan bahwa rudal tersebut diluncurkan dari pangkalan yang sangat dekat dengan perbatasan dua Korea.

Reuters melansir peluncurkan rudal itu sangat tidak biasa dan hanya berjarak beberapa hari dengan pembukaan latihan militer bersama antara AS dan Korsel.

Awal bulan ini, Pyongyang marah karena pesawat B-52 Bomber yang mampu membawa hulu ledak nuklir ketahuan melintas di wilayah udara Korsel, yang kemudian dibalas Korut dengan meluncurkan empat rudal pada 21 Februari 2014.

Korsel juga merilis informasi bahwa rudal yang baru saja diluncurkan oleh Korut adalah Scud jarak pendek yang memiliki daya jelajah 200 km, yang berarti bisa mencapai Seoul namun tidak mampu menjangkau Jepang.

Hubungan keduanya serinf memanas sejak Perang Korea, namun bulan ini juga banyak warga Korsel melintasi perbatasan untuk pertama kalinya sejak 1950an, bertemu keluarga mereka di Utara.

Reuni langka itu adalah kerja sama yang unik antara kedua pemerintah, sekalipun Pyongyang seringkali marah dan bahkan melemparkan ancaman perang ketika militer Korsel dan AS menggelar latihan bersama..

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : News Editor
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper