Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RAPP Siap Bantu Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyatakan kesiapannya untuk membantu pemadaman kebakaran lahan di areal yang dekat dengan konsesi perusahaan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 27 Februari 2014  |  20:42 WIB
kebakaran hutan
kebakaran hutan

Bisnis.com, PEKANBARU—PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyatakan kesiapannya untuk membantu pemadaman kebakaran lahan di areal yang dekat dengan konsesi perusahaan.

Presiden Direktur RAPP mengatakan selalu aktif berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia dalam pencegahan kebakaran di Provinsi Riau melalui berbagi ilmu dan praktik terbaik.

"Kami berupaya untuk melakukan tindakan secara preventif dan represif dalam kebakaran Riau," kata Kusnan dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (27/2/2014).

Pihaknya telah memberlakukan kebijakan pembukaan lahan tanpa bakar (no-burn policy) sejak perusahaan beroperasi. Perusahaan juga selalu melakukan patroli melalui udara, air dan darat setiap hari.

RAPP melakukan pendekatan yang proaktif dengan mengintegrasikan teknologi pengelolaan hutan lestari dengan sistem deteksi dini yang dinamakan Fire Danger Rating (FDR) dalam manajemen pencegahan kebakaran.

Perusahaan juga mengoptimalkan bantuan melalui heli, truk pemadam kebakaran serta patroli airboat yang dapat dilakukan di darat dan di air.

Sebanyak 875 orang telah dipersiapkan dalam Tim Reaksi Cepat Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran RAPP dan mitranya untuk melakukan patroli secara intensif. Selain itu, dibantu oleh 23 Tim Masyarakat Peduli Api (MPA) yang tersebar di 10 estate.

"Dengan melibatkan masyarakat yang secara suka rela peduli terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan maka perusahaan telah melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai kebijakan ‘tebang tanpa-bakar," imbuh Kusnan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rapp
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top