Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Makassar Akan Rehabilitasi 45 Ruas Jalan

Pemerintah Kota Makassar segera merehabilitasi 45 ruas jalan di kota ini dengan mengalokasikan anggaran mencapai Rp79,5 miliar.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 18 Februari 2014  |  18:15 WIB
Kegiatan rehabilitasi jalan - JIBI
Kegiatan rehabilitasi jalan - JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR-- Pemerintah Kota Makassar segera merehabilitasi 45 ruas jalan di kota ini dengan mengalokasikan anggaran mencapai Rp79,5 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Makassar Muhammad Anshar mengemukakan anggaran yang bakal dialokasikan tersebut selanjutnya dibagi dalam dua item pengerjaan, yakni pemeliharaan penambalan jalan berlubang serta konstruksi peningkatan kualitas jalan.

Berdasarkan data Dinas PU Makassar, total panjang jalan di ibu kota Provinsi Sulsel itu mencapai 1.593 kilometer, di mana 781 kilometer diantaranya masuk dalam kategori rusak berat, sedang dan ringan.

Secara terperinci, sebanyak 15% atau 239 kilometer masuk dalam kategori rusak berat, 17% atau 271 kilometer  kategori rusak sedang, 17% atau 271 kilometer rusak ringan sementara yang masuk kategori baik mencapai 51% atau 812 kilometer. 

Kendati demikian, lanjutnya, untuk tahap awal proses pemeliharaan melalui perbaikan sementara jalan berlubang akan dijadikan prioritas untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

"Bisa dikatakan ini sifatnya darurat sehingga perbaikan sementara memang harus segera kita lakukan, terutama jalan yang berlubang karena tingginya insentitas hujan awal tahun ini," katanya, Selasa (18/2/2014).

Adapun, pengerjaan secara menyeluruh termasuk konstruksi peningkatan kualitas jalan baru akan dilakukan jika cuaca dinilai cukup mendukung ataupun musim hujan berakhir.

Menurut Anshar, anggaran yang direncanakan untuk pemeliharaan maupun perbaikan seluruh jalan kategori rusak, baik rusak berat, sedang dan ringan awalnya mencapai hingga Rp132 miliar.

 "Tapi yang hanya disetujui dari legislatif dalam pembahasan APBD 2014 hanya disetujui Rp79,5 miliar," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbaikan jalan
Editor : Ismail Fahmi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top