Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Akan Persempit Defisit Fiskal

Pemerintah India berjanji akan mempersempit defisit fiskal ke level terendah selama 7 tahun terakhir dalam anggaran sementara sebelum pemilihan umum Mei tahun ini.
Mata uang Rupee anjlok 125 terhadap dolar AS beberapa tahun belakangan sedangkan indeks S&P BSE Sensex menguat 0,2%. /bisnis.com
Mata uang Rupee anjlok 125 terhadap dolar AS beberapa tahun belakangan sedangkan indeks S&P BSE Sensex menguat 0,2%. /bisnis.com

Bisnis.com, NEW DELHI—Pemerintah India berjanji akan mempersempit defisit fiskal ke level terendah selama 7 tahun terakhir dalam anggaran sementara sebelum pemilihan umum Mei tahun ini.

Namun, pada saat yang sama India meningkatkan belanja pertahanan dan mengurangi pajak sementara untuk mobil dan ponsel.

Menteri Keuangan India Palaniappan Chidambaram  mengemukakan defisit fiskal akan menyempit menjadi 4,1% dari produk domestik bruto (PDB) pada 31 Maret 2015 sedangkan   defisit tahun fiskal saat ini akan menyentuh 4,6% dari PDB.

“Prediksi tersebut lebih kecil dari estimasi sebelumnya yaitu 4,8%. Lebih lanjut, bujet sementara tersebut akan digunakan untuk membiayai aktifitas pemerintah hingga parlemen baru terbentuk,”katanya di New Delhi, Senin (17/2/2014).

Seperti diketahui, Perdana Menteri India Manmohan Singh tengah menghadapi kemerosotan ekonomi yang memukul pendapatan pajak menyusul depresiasi Rupee yang menaikkan biaya impor minyak dan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Tidak hanya itu, Standard & Poor memperingatkan India pada November lalu untuk mengantisipasi penurunan rating investasi yang dianugerahkan pada 2007.

Standard & Poor menyatakan penurunan rating tersebut bisa dihindari apabila pemilihan umum mampu menciptakan pemerintah baru yang stabil dan responsif.

“Para analis dan lembaga pemeringkat rating telah melihat upaya [kami] dalam menggenjot ekonomi dan tidak lagi membicarakan mengenai penurunan peringkat India,”imbuhnya.

Untuk itu, ungkapnya, dirinya mengajak semua partai untuk bergabung dengannya dalam melakukan tindakan yang akan berdampak pada terguncangnya perekonomian India.

Chidambaram juga menambahkan defisit neraca transaksi berjalan akan mencapai US$45 miliar pada tahun fiskal hingga Maret tahun ini, lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yaitu US$88 miliar.

Selain itu, pemerintah memprediksi cadangan devisa bertambah sebesar US$15 miliar. 

Sementara itu, ekonom ICICI Securities Primary Dealership di Mumbai Prasanna Ananthasubramanian menjelaskan reformasi defisit fiskal terkait dengan komitmen pemerintah yang kuat untuk mengadakan konsolidasi fiskal.

“Jika melihat volatilitas pasar internasional, wajar adanya jika India dilanda defisit fiskal dan inflasi sehingga mengakibatkan India menjadi rentan,”ucapnya.

Mata uang Rupee anjlok 125 terhadap dolar AS beberapa tahun belakangan sedangkan indeks S&P BSE Sensex menguat 0,2%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper