Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pansus Raperda Penataan dan Pengawasan Produk Halal Gelar Uji Publik

Panitia Khusus Raperda Penataan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis DPRD Kaltim menggelar uji publik guna menyempurnakan regulasi yang digagas oleh legislatif tersebut.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 08 Februari 2014  |  10:56 WIB
Pansus Raperda Penataan dan Pengawasan Produk Halal Gelar Uji Publik
/Produk Makanan Kemasan
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Panitia Khusus Raperda Penataan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis DPRD Kaltim menggelar uji publik guna menyempurnakan regulasi yang digagas oleh legislatif tersebut.

Ketua Pansus Raperda Penataan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis DPRD Kaltim Abdul Djalil Fatah mengatakan uji publik ini dilakukan dengan mengundang narasumber dari Biro Hukum Kemendagri dan Kementerian Agama, serta praktisi pendidikan. Rencananya, setelah uji publik ini selesai dilakukan, Pansus akan membawanya ke Sidang Paripurna DPRD Kaltim untuk disahkan yang dijadwalkan pada 11 Februari 2014.

"Poin penting di dalamnya mengenai pembentukan badan pengawas yang berfungsi untuk menjalankan Perda ini," ujarnya kepada Bisnis disela-sela uji publik tersebut, Sabtu (8/2/2014).

Uji publik ini dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Agus Santoso dan diikuti oleh seluruh perwakilan dari pemerintah daerah di Kalimantan Timur.

Perda ini akan memberikan jaminan kehalalan suatu produk kepada konsumen, khususnya bagi yang beragama islam. Jaminan tersebut penting diberikan karena akan mengurangi kekhawatiran di masyarakat.

Sebelumnya, sempat ditemukan daging sapi yang dicampur dengan daging babi hutan di pasaran. Melalui Perda ini nantinya pengawasan terhadap produk halal bisa dilakukan secara intensif sehingga kejadian semacam ini tidak terulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan produk halal
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top