Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agar Bisnis Hortikultura Menguntungkan, Ini Tipsnya

Berbisnis hortikultura sangat menguntungkan bila dilakukan dengan cara dan teknik yang benar karena karena jika permintaan benih meningkat, harga yang dihasilkan juga menguntungkan.
/Bisnis.com
/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Berbisnis hortikultura sangat menguntungkan bila dilakukan dengan cara dan teknik yang benar karena karena jika permintaan benih meningkat, harga yang dihasilkan juga menguntungkan.

Anggota Asosiasi Produsen Perbenihan Hortikulrura Indonesia (Hortindo) Glenn Pardede  mengatakan ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam bisnis hortikultura, terutama terkait situasi dan cuaca yang terkadang tidak bisa diprediksi.

“Berbisnis hortikultura harus cerdas melihat apa yang sedang dilakukan petani lain. Apakah harus investasi atau tidak?” jelasnya, Selasa (4/2/2014).

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat menilai untuk menggenjot kesejahteraan petani hortikultura, maka dibutuhkan skema resi gudang guna penyimpanan benih atau pascapanen.

Ketua Harian HKTI Jabar Entang Sastraatmaja mengatakan skema resi gudang diperlukan untuk menstabilkan harga komoditas itu jika harga sedang anjlok.

“Perlu didirikan resi gudang untuk hortikultura agar kesejahteraan petani tetap terjamin,” katanya.

Dia menjelaskan persoalan perilaku petani yang ingin cepat mendapat keuntungan harus bisa diatasi oleh pemerintah.

“Kami minta pemerintah perhatikan jangka panjang dengan memberikan penyuluhann kepada petani tentang pentingnya skema resi gudang,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper