Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imlek & Long Weekend, Okupansi Hotel di Malang Capai 80%

Libur Hari Raya Imlek yang berbarengan dengan long week end membuat tingkat hunian atau okupansi hotel di Kota Malang, Jawa Timur, terkatrol kendati hanya bergerak tipis di kisaran 75%-80%.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MALANG - Libur Hari Raya Imlek yang berbarengan dengan long week end membuat tingkat hunian atau okupansi hotel di Kota Malang, Jawa Timur, terkatrol kendati hanya bergerak tipis di kisaran 75%-80%.

Intan Alice, Assistant Director of Sales Ibis Styles Hotel Kota Malang, mengatakan hingga H-1 Imlek tingkat hunian di tempatnya hanya sebesar 75% dari total 150 kamar yang ada.

“Di tempat kami biasanya okupansi akan meningkat hingga last minutes, sehingga kami optimistis libur Imlek kali ini bisa mencapai 100%,” kata Intan di Malang, Kamis (30/1/2014).

Menurutnya, untuk memeriahkan Imlek sejumlah acara digelar diantaranya pertunjukan wayang potehi, barongsai, serta dinner dengan menu oriental. Harapannya tamu yang bermalam bisa menikmati hiburan maupun sajian khas masyarakat Tiong Hoa tersebut.

Kendati Imlek namun pihak Ibis sengaja tidak menaikkan harga kamar. Harga tetap mulai Rp488.000 per malam. Sebagian besar tamu yang bermalam pada libur Imlek berasal dari kalangan family utamanya dari wilayah Surabaya dan sekitarnya.

“Malang masih tetap menjadi destinasi wisata favorit untuk libur Imlek maupun long week end,” jelas dia.
Rosalia Kusuma W., Assistant Sales Manager Everyday Smart Hotel Kota Malang, mengatakan sehari menjelang Imlek tingkat booking kamar di tempatnya juga belum mencapai 100%.

Booking untuk libur Imlek baru mencapai 80% dari total 129 kamar yang tersedia,” ujar Rosalia.

Namun, begitu pihaknya optimistis okupansi akan fully booked mengingat Imlek jatuh bersamaan dengan long week end atau paling apes diprediksi hanya menyisakan lima kamar atau 95%.

Tamu yang bermalam di Everyday saat ini sedang dimanja dengan harga promo yang hanya Rp350.000 per malam. Bahkan khusus untuk tarif room only cuma sebesar Rp275.000 per malam untuk tipe standar.

“Promo rate tersebut berlangsung hingga Februari mendatang, sehingga kami optimistis okupansi akan meningkat,” tambahnya.

Setelah habis masa promo, maka tarif kamar akan kembali normal diangka Rp500.000-Rp550.000 per malam untuk tipe standar. Pihaknya sengaja menggelar promo rate menyusul keberadaan Everyday yang tergolong hotel yang baru berdiri di Kota Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper