Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bengkulu, Kota Paling Aman se Indonesia

Kepolisian Resort Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu mengungkapkan, daerah tersebut dinilai Kepolisian RI sebagai salah satu kota teraman se-Indonesia.

Bisnis.com, BENGKULU--Kepolisian Resort Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu mengungkapkan, daerah tersebut dinilai Kepolisian RI sebagai salah satu kota teraman se-Indonesia.

"Sudah satu tahun terakhir kita menyandang gelar kota teraman, karena tingkat kriminalitas di Kota Bengkulu kecil sekali," kata Kapolresta Kota Bengkulu AKBP Iksantyo Bagus Pramono seperti dikutip Antara, Kamis (30/1/2014).

Tingkat kriminalitas di daerah itu terus menurun, bahkan menurut dia, penurunannya cukup signifikan yakni mencapai angka 300 persen.

"Ini semua tercipta atas kerja sama semua unsur, baik program dari unsur pimpinan daerah yang proaktif terhadap keamanan bagi masyarakatnya, maupun masyarakat kita yang sudah lebih sadar hukum," kata dia.

Dengan predikat sebagai kota teraman se-Indonesia itu pula, Kapolresta yakin penyelenggaraan Hari Pers Nasional yang akan digelar di daerah itu dari tanggal 1--10 Februari 2014 aman untuk dikunjungi peserta HPN.

Turunnya tingkat kriminalitas di daerah itu juga tidak lepas dari program pemerintah setempat di bidang keamanan masyarakat dengan nama "Bengkulu-Ku Aman" yang diluncurkan pada 28 Mei 2013.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan program "Bengkulu-Ku Aman" diluncurkan demi menanggapi kebutuhan masyarakat akan rasa aman.

"Setiap kegiatan yang dilakukan masyarakat butuh akan rasa aman, oleh sebab itu kita luncurkan Program dengan nama Bengkulu-Ku Aman. Kita kembali mengaktifkan Pos Keamanan Lingkungan," kata dia.

Dia mengatakan pemerintah setempat mengaktifkan sebanyak 500 Poskamling di 67 kelurahan di Kota Bengkulu.

"Kegiatan Bengkulu-Ku Aman ini dalam rangka menghidupkan kembali sensitifitas masyarakat akan keamanan lingkungan, kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif menggiatkan siskamling mulai dari tingkat RT," kata dia.

Untuk memberikan dorongan semangat, Wali Kota Bengkulu itu mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada RT dengan Siskamling terbaik dan teraktif.

"Kami adakan lomba, siskamling mana yang paling aktif dan paling semarak maka kita beri `reward`," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bengkulu Patriana Sosialinda mengungkapkan dengan adanya program Bengkulu-KU Aman aktivitas masyarakat serta pendatang yang beraktifitas di daerah itu menjadi lebih nyaman.

"Semoga masyarakat tetap menjaga semangat untuk selalu mempertahankan siskamling," kata Partriana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : editor
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper