Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Alasan Utama Golkar Pertahankan Atut sebagai Gubernur Banten

Golkar dinilai akan tetap mempertahankan Ratu Atut Chosiyah sebagai Gubernur Banten meskipun menjadi tersangka kasus pilkada Lebak agar elektabilitas terjaga.

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menjaga elektabilitas partai, Golongan Karya diperkirakan akan mempertahankan Ratu Atut Chosiyah sebagai Gubernur Banten meski telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait dengan kasus dugaan suap Pilkada Lebak.

Partai berlambang beringin ini berupaya mencegah dibukanya borok partai oleh Atut seperti yang terjadi pada tubuh Partai Demokrat.

Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan ada dua pertimbangan yang dipikirkan Golkar terkait elektabilitas jelang pemilu legislatif yang hanya tinggal 95 hari lagi.

Pertama, mengikuti opini publik kepada kader yang melanggar hukum diberikan sanksi seberat-beratnya, namun strategi ini belum tentu menaikkan elektabilitas.

"Contohnya seperti Demokrat melakukan treatment keras kepada Nazaruddin, bukannya menaikkan elektabilitas tapi malah ada konflik internal, Nazaruddin buka borok Demokrat," katanya, Sabtu (4/1/2014).

Cara kedua, mempertahankan Atut sebagai gubernur dan mendukungnya. "Dengan cara seperti itu menutup rapat-rapat borok Golkar sehingga kotak pandora Golkar tidak terungkap," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper