Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAPP Bantu Pembangunan Lumbung Pangan di Kabupaten Kampar

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) turut membantu membangun lumbung pangan di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau untuk mendukung ketahanan pangan di daerah itu.

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) turut membantu membangun lumbung pangan di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau untuk mendukung ketahanan pangan di daerah itu.

Presiden Direktur RAPP Kusnan Rahmin mengatakan pengembangan padi di Desa Kuntu dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang selama ini terbengkalai. 

“Kami harap itu bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi petani Desa Kuntu, sekaligus bisa menjadi lumbung padi bagi wilayah Kecamatan Kampar Kiri,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis hari ini, Minggu (29/12/2013).

Kusnan mengatakan pengembangan lumbung pangan Desa Kuntu diawali dengan sosialiasi sejak 2008. Selanjutnya pada 2010, dilakukan uji coba tanam seluas 6 hektare. 

Penanaman pertama mulai dilakukan pada 2011 seluas 15 ha. Pada tahun itu juga dilakukan panen perdana dengan produksi beras rata-rata 2,2 ton per ha.

Selanjutnya pada 2012, penanaman diperluas menjadi 25 ha dan diperoleh hasil produksi yang meningkat dengan rata-rata 2,9 ton per ha. Pada 2013, produksi rata-rata meningkat menjadi 3,7 ton per ha. 

“Nantinya lahan sawah yang akan dikembangkan seluas 49,5 hektare,” kata Kusnan.

Untuk mendukung program pengembangan lumbung pangan, dilakukan pendampingan berkelanjutan melalui pertemuan kelompok rutin yang dilakukan sebulan sekali. 

Selain itu, pendampingan  juga dilakukan melalui pemantauan dan kunjungan lapangan ke lahan petani untuk mendiskusikan masalah budidaya padi. 

Peningkatan kapasitas petani juga dilakukan dengan melakukan sekolah lapang dan melibatkan petugas pertanian setempat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper