Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NPL Perbankan Spanyol Naik Jadi 12,998%

Rasio kredit macet (NPL) bank-bank Spanyol naik menjadi 12,998% pada Oktober, mencapai rekor tertinggi menurut data yang dirilis pada Rabu oleh Bank Sentral Spanyol (BoS).
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 19 Desember 2013  |  10:40 WIB
/reuters
/reuters

Bisnis.com, MADRID - Rasio kredit macet (NPL) bank-bank Spanyol naik menjadi 12,998% pada Oktober, mencapai rekor tertinggi menurut data yang dirilis pada Rabu oleh Bank Sentral Spanyol (BoS).

Pinjaman-pinjaman yang jatuh ke dalam tunggakan dalam sistem perbankan Spanyol mencapai 190,971 miliar euro (US$262,767 miliar) pada Oktober, meningkat 3,141 miliar euro dari September ketika rasio kredit macet Spanyol mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari 50 tahun, demikian laporan Xinhua.

Rasio kredit macet Spanyol telah meningkat selama delapan bulan berturut-turut sejak Februari dan diperkirakan akan terus meningkat, karena menurut para ahli itu tidak akan berhenti naik kecuali lapangan pekerjaan diciptakan di Spanyol.

Ekonomi Spanyol tumbuh 0,1% pada kuartal ketiga tahun ini dan diharapkan terus tumbuh di bulan-bulan berikutnya, mengkonsolidasikan tren ini pada 2014. Namun, pertumbuhan ekonomi diperkirakan tidak akan memiliki dampak langsung pada penciptaan lapangan kerja.

Bank sentral Spanyol melaporkan bahwa total kredit turun menjadi 1,469 miliar euro pada Oktober dari sebelumnya 1,481 miliar euro pada September, karena bank-bank memotong kredit mereka akibat krisis.

ICO, perusahaan milik negara yang bertujuan untuk mempromosikan kegiatan ekonomi guna meningkatkan pembangunan Spanyol, melaporkan pada Rabu bahwa pihaknya memberikan total 13,884 miliar euro pada 2013, terutama untuk pekerja freelance dan usaha mikro. Angka itu 21% lebih tinggi dari tahun lalu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spanyol npl perbankan eropa

Sumber : newswire

Editor : Fatkhul-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top