Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siaga Merah! Air Bengawan Solo Terus Naik

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, meminta daerah hilir meningkatkan kewaspadaan karena Bengawan Solo di Bojonegoro masuk siaga III (merah).

Bisnis.com, BOJONEGORO - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, meminta daerah hilir meningkatkan kewaspadaan karena Bengawan Solo di Bojonegoro masuk siaga III (merah).

"Kami meminta daerah hilir Jatim, mulai Bojonegoro, Tuban dan Lamongan meningkatkan kewaspadaan, sebab air Bengawan Solo terus naik," kata Kasi Operasi UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Bengawan Solo di Bojonegoro, Mucharom, Minggu (15/12/2013).

Sesuai data di UPT Bengawan Solo, ketinggian air pada papan duga di Bojonegoro mencapai 15,00 meter (siaga III), Minggu pukul 08.00 WIB.

Sementara itu, ketinggian air di Karangnongko, Kecamatan Ngraho, sekitar 70 kilometer dari Kota Bojonegoro mencapai 29,22 meter (saiaga I), Minggu pukul 08.00 WIB.

"Air Bengawan Solo di Bojonegoro masih akan terus naik disebabkan banjir kiriman dari Ponorogo, Madiun dan Ngawi," jelasnya.

Dia mengaku sudah meminta Pemkab Bojonegoro menutup "doorlats" atau pintu lintas rumah penduduk yang dibuat dengan menjebol tanggul di sejumlah desa di Kecamatan Kota ditutup.

"Penutupan "doorlats" untuk menjaga agar air luapan Bengawan Solo tidak meluber ke wilayah perkotaan," jelasnya.

Meski air Bengawan Solo terus merangkak naik, paparnya, kondisi luapan Bengawan Solo di daerah hilir Jatim, mulai Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan, masih terkendali.

"Banjir masih terkendali, sebab Bengawan Solo di daerah hulu Jawa Tengah tidak terjadi banjir, sehingga dampaknya tidak besar".

Dia menambahkan sesuai prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya curah hujan tertinggi di Bojonegoro dan sekitarnya akan terjadi akhir Januari sampai Pebruari 2014.(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper