Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Asia Lanjutkan Tren Bearish di Tengah Spekulasi Tapering

Bersamaan dengan anjloknya bursa Amerika Serikat, bursa Asia juga melemah untuk pekan kedua, seiring dengan berlanjutnya spekulasi investor tentang ketegasan lini waktu pengurangan stimulus (tapering) Federal Reserve dan data ekonomi AS.

Bisnis.com, TOKYO—Bersamaan dengan anjloknya bursa Amerika Serikat, bursa Asia juga melemah untuk pekan kedua, seiring dengan berlanjutnya spekulasi investor tentang ketegasan lini waktu pengurangan stimulus (tapering) Federal Reserve dan data ekonomi AS.

BHP Billiton Ltd—perusahaan pertambangan terbesar di dunia—anjlok 2,5% di Sydney. Nitto Denko Corp.—perusahaan produk kimia Jepang—juga merosot 18% setelah memangkas proyeksi profit-nya.

Di lain pihak, Haier Electronics Group Co melesat 21% di Hong Kong setelah Alibaba Group Holding Ltd. sepakat untuk menanam modal senilai HK$2,82 miliar (US$364 juta) di perusahaan perabot rumah tangga itu dan bisnis logistiknya.

Sementara itu, Gree Inc. menguat 9,9% di Tokyo setelah Goldman Sachs Group Inc. menaikkan proyeksi outlook-nya untuk perusahaan operator mobile gaming jejaring sosial tersebut.

“Setelah menguat pada November, pasar di Asia mengalami overbuy, yang menjadikan mereka rentan terhadap kemerosotan,” jelas Nader Naeimi, Kepala Aset Dinamis AMP Capital Investors Ltd. yang berbasis di Sydney, Sabtu (14/12/2013).

Menurutnya, transisi dari rally yang didorong oleh sebuah likuiditas atau kebijakan moneter menjadi rally yang didorong oleh faktor fundamental akan menciptakan ketegangan dan volatilitas dalam pasar. “Namun, saya percaya para banteng (bulls) akan menguat,” lanjutnya.

Indeks MSCI Asia Pasifik anjlok 1,1% menjadi 137,94 pekan ini setelah merosot selama 3 hari terakhir. Indeks telah naik 6,6%  selama tahun ini setelah Bank of Japan menerapkan quantitative easing dan ekonomi China menunjukkan stabilisasi.

Indeks tersebut diperdagangkan 13,6 kali pertimbangan yang diperkirakan pada Jumat (13/12/2013), dibandingkan dengan 16 kali untuk indeks Standard & Poor;s 500, dan 14,6 kali untuk indeks Stoxx Europe 600 pada waktu yang sama.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper