Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyadapan: Menlu Australia ke Indonesia Redakan Ketegangan

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop akan melakukan pembicaraan dengan Indonesia pada hari Kamis dalam upaya menurunkan ketegangan antara Australia dan Indonesia setelah munculnya masalah penyadapan.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, SYDNEY-- Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop akan melakukan pembicaraan dengan Indonesia pada hari Kamis dalam upaya menurunkan ketegangan antara Australia dan Indonesia setelah munculnya masalah penyadapan.

Kunjungan Bishop itu juga diharapkan dapat mengarah pada penyusunan kode etik dalam mengatur hubungan kedua negara.

Menlu Bishop juga akan mengunjungi China. Hubungan Australia dan China juga mengalami ketegangan setelah Canberra mengkritik Beijing atas langkahnya menetapkan zona identifikasi pertahanan udara baru-baru ini.

"Menteri (Bishop) akan memimpin delegasi tingkat tinggi ke Jakarta untuk membahas berbagai aspek menyangkut hubungan bilateral, menyusul pernyataan-pernyataan yang dikemukakan baru-baru ini oleh (Presiden Susilo Bambang) Yudhoyono," demikian diungkapkan kantor Menlu Bishop, Rabu (4/12/2013)

Laporan-laporan bulan lalu mengatakan mata-mata Australia berupaya menyadap telepon Presiden Yudhoyono, Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah orang di lingkarannya pada t2009.

Laporan itu menyulut timbulnya salah satu krisis diplomatik terburuk antara kedua negara, yang sebelumnya telah menjadi sekutu strategis selama bertahun-tahun.

Jakarta bereaksi keras dengan mengakhiri kerjasama menyangkut latihan militer dan pada penanganan masalah kunci penyelundupan manusia.

Pemerintah Indonesia juga menarik duta besarnya dari Canberra.

Ketegangan menurun setelah Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengirim surat berisi penjelasan kepada Yudhoyono.

Kedua pemimpin sepakat bahwa utusan tinggi kedua negara akan membahas protokol dan kode etik mengatur hubungan yang "jelas, adil dan dipatuhi".

Abbott juga menyarankan diselenggarakannya pembahasan soal keamanan untuk membangun kepercayaan.

Sementara Julie Bishop akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Pertahanan Australia David Johnston mengakui bahwa kerusakan hubungan tidak dapat diperbaiki dengan cepat.

"Perlu waktu untuk menangani masalah-masalah hubungan bilateral pada saat ini, namun masalah-masalah tersebut akan dapat diselesaikan pada waktunya," kata Johnston.( Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper