Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Rusia Tawarkan Sertifikasi Ahli Permesinan di Jabar

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rusia menawarkan sertifikasi tenaga ahli permesinan industri kepada Kadin Jawa Barat guna menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rusia menawarkan sertifikasi tenaga ahli permesinan industri kepada Kadin Jawa Barat guna menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal Sutisno mengatakan tawaran tersebut muncul setelah Rusia mengunjungi pihaknya pekan lalu. “Mereka menawarkan diri untuk membantu sertifikasi tenaga ahli permesinan industri,” ungkapnya, Selasa (3/12/2013).

Menurutnya, tawaran tersebut harus segera ditindaklanjuti sebagai bentuk sinergi dalam upaya memacu daya saing. Kadin Jabar akan merumuskan tawaran itu dengan membentuk pusat pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli. “Mudah-mudahan pada 2014 kerja sama ini bisa dimatangkan,” ujarnya.

Kadin Jabar menilai peningkatan kualitas SDM harus menjadi fokus menjelang MEA karena merupakan unsur penting dalam persaingan di ASEAN. Namun, akselerasi program sertifikasi pada 2014 akan menghadapi tantangan karena berbarengan dengan pemilihan umum.

Masalah kompetensi SDM di Jabar, kata Agung, masih banyak yang harus tertuntaskan, di antaranya dalam hal sertifikasi pekerja profesi.  “Untuk itu, kami terus mendorong dan meminta pemerintah daerah supaya kepengurusan BKSP segera terbentuk,” tegasnya.

Terbentukya BKSP dinilai dapat menunjang sertifikasi para pekerja profesi di Jabar sehingga dapat lebih berdaya saing terhadap tenaga kerja asing.

Dia mengingatkan persaingan MEA 2015 bagi dunia usaha merupakan sebuah tantangan sehingga perlu adanya sinergitas antara berbagai unsur. “Akselerasi 1 tahun sertifikasi harus bisa. MEA harus dijadikan sebagai peluang, bukan bencana,” tegasnya. (Wisnu Wage)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdi Ardia
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper