Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana Investasi Pasar Surya Tersisa Rp1,5 Miliar

Alokasi dana investasi Perusahaan Daerah Pasar Surya masih tersisa Rp1,5 miliar per Oktober dari total alokasi Rp5 miliar pada 2013.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, SURABAYA--Alokasi dana investasi Perusahaan Daerah Pasar Surya masih tersisa Rp1,5 miliar per Oktober dari total alokasi Rp5 miliar pada 2013.

Direktur Utama Pasar Surya Karyanto W. Soewignjo menguraikan ada problem rencana penganggaran yang menyebabkan dana tak terserap semua.

"Ada yang terlalu mendekati akhir tahun sehingga tidak selesai bila dipaksakan," jelasnya, Kamis (21/11/2013).

Karyanto menguraikan dari alokasi Rp5 miliar kesemuanya untuk perawatan dan peningkatan fasilitas di 67 pasar di Surabaya. Alokasi kegiatan serupa pada
2014 diusulkan Rp7 miliar.

"Secara nominal kelihatan besar, tapi dengan 67 pasar tradisional yang kami kelola sebenarnya tak signifikan. Itu hanya untuk peningkatan fasilitas,"
tambahnya.

Dia menggambarkan pasar selalu identik hanya sebagai tempat belanja. Padahal, sebagai pusat ekonomi maka fungsi itu bisa diperkaya dengan layanan tambahan.

"Pasar Pegirikan yang di luar bisa dibuatkan desain rekreatif sehingga orang belanja bisa jalan-jalan," urainya soal contoh pengembangan fasilitas pasar.

PD Pasar Surya tahun lalu mendapat penghasilan Rp2,7 miliar dan ditargetkan bisa Rp4,1 miliar tahun ini.  Setengah lebih dari pendapatan itu berasal dari iuran rutin pedagang.

Karyanto menilai perbaikan fisik pasar diharapkan bisa menggeser dominasi pendapatan dari iuran. Jasa lain seperti iklan diharapkan menjadi sumber penghasilan utama ke depan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper