Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT Pos Cabang Balikpapan Bukukan Pendapatan Rp15,412 Miliar

PT Pos Indonesia Cabang Balikpapan membukukan pendapatan hingga Oktober mencapai Rp15,412 miliar atau 64,32% dari target tahunan yang dipatok sebesar Rp23,96 miliar.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 14 November 2013  |  13:38 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Pos Indonesia Cabang Balikpapan membukukan pendapatan hingga Oktober mencapai Rp15,412 miliar atau 64,32% dari target tahunan yang dipatok sebesar Rp23,96 miliar.

Manager Pemasaran PT Pos Indonesia Cabang Balikpapan Baihaqi mengatakan pendapatan dari jasa pengiriman barang masih mendominasi komposisi penerimaan yakni sebesar Rp10,64 miliar atau 69% dari realisasi pendapatan. Adapun, sisanya berasal dari pendapatan dari jasa keuangan dan jasa usaha pos lainnya.

“Memang dari pendapatan masih banyak berasal dari pengiriman surat dan barang. Nantinya, kami harapkan porsi pendapatan dari jasa lainnya juga bisa meningkat,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (14/11/2013).

Adanya momen Natal dan Tahun Baru menjadi salah satu pemicu peningkatan jumlah pengiriman paket pada akhir tahun. Hanya saja, angka pertumbuhannya berkisar antara 10%-15% lebih rendah dibandingkan dengan periode Lebaran yang bisa mencapai 25%.

Kendati demikian, dua bulan sisa di tahun ini kemungkinan akan cukup berat untuk mengejar realisasi target yang telah ditetapkan.

Baihaqi mengaku angka realisasi target yang mungkin bisa dikejar berkisar antara 90%-95% dari target.

“Kecuali kalau pada Natal, pertumbuhan pengiriman barang bisa lebih tinggi dari kebiasaan,” katanya.

Dia mengungkapkan beberapa hal yang diperbaiki untuk mengejar realisasi target tersebut yakni dengan menambah tenaga pemasaran khusus untuk korporat.

Baihaqi menyebutkan porsi pendapatan dari jasa pengiriman barang dan surat segmen korporat baru mencapai 30% dari capaian Rp10,64 miliar.

Seharusnya, kata dia, penerimaan pendapatan dari jasa pengiriman barang dan surat segmen korporat menguasai 70% dari komposisi penerimaan tersebut.

“Karena memang kekurangan tenaga pemasaran, jadi masih banyak yang retail. Nanti perlahan akan membaik seiring dengan penambahan yang sudah dilakukan,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tahun baru 2013 pt pos indonesia natal pariwisata balikpapan
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top