Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa 5,6 SR Guncang Aceh Besar, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR mengguncang Aceh Besar, Aceh hari ini, Selasa (22/10/2013). Warga di Aceh Besar berhamburan keluar dari rumahnya akibat gempa tersebut.
/abc.net.au
/abc.net.au

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR mengguncang Aceh Besar, Aceh hari ini, Selasa (22/10/2013). Warga di Aceh Besar berhamburan keluar dari rumahnya akibat gempa tersebut.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala  Pusat data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulanangan Bencana (BNPB), mengatakan berdasarkan laporan BMKG telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR pada Selasa (22/10/2013) pukul 12:40:34 WIB.

Pusat gempa  di darat pada kedalaman 10 Km, pada koordinat 5.29 LU dan 95.42 BT. Pusat gempa 16 Km BaratDaya Kab. Aceh Besar atau 32 Km Tenggara Kota Banda Aceh.

"Sumber gempa berasal dari Sesar Sumatra. Gempa tidak berpotensi tsunami," ujarnya dalam pesan singkat yang diterima Bisnis, Selasa (22/10/2013).

Dia mengatakan Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa di Aceh Besar. Dilaporkan gempa dirasakan kuat oleh masyarakat selama 8-10 detik. Masyarakat sempat panik dan berhamburan ke luar rumah. 

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi tersebut. Dia memastikan masyarakat telah kembali tenang dan normal aktivitasnya.

Berasarkan peta guncangan gempa, di pusat gempa memiliki intensitas VI MMI (kuat) sedangkan di sekitarnya berintensitas IV-V MMI (ringan hingga sedang). BPBD Aceh Besar masih melakukan pemantauan dampak gempa.

"Jika ada informasi terkait dampak gempa akan disampaikan lagi," kata dia.

BNPB menghimbau agar selalu meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman gempa. Pasalnya, kejadian gempa bumi selalu bersifat mendadak.

Dia menjelaskan hingga saat ini belum ada sistem peringatan dini gempa. Kemampuan Indonesia mendeteksi gempa adalah 5 menit setelah kejadian gempa, baik kekuatan, kedalaman, dan lokasi gempabumi.

"Jika terjadi gempa segera keluar rumah dan berlindung di tempat yang aman. Cara-cara mengenali bencana dan antisipasinya dapat diakses pada www.bnpb.go.id," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper