Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Desa di Sragen Jadi Wisata Organik

Bisnis.com, SEMARANG - Tiga desa di Kecamatan Sambirejo, Sragen disiapkan sebagai destinasi Wisata Organik Betis Rejo yang menawarkan keelokan topografi tanah berbukit serta pemandangan alam.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 04 Oktober 2013  |  14:56 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - Tiga desa di Kecamatan Sambirejo, Sragen disiapkan sebagai destinasi Wisata Organik Betis Rejo yang menawarkan keelokan topografi tanah berbukit serta pemandangan alam.

Wilayah itu meliputi Sukorejo, Jambean dan Jetis selama ini diketahui memiliki aliran sungai yang mengairi persawahan di dataran tinggi dan belum terkontaminasi pupuk dan obat kimia untuk pertanian.

Bupati Sragen Agus Fatchurrahman mengimbau kepada seluruh warga desa agar melestarikan kealamian desa sehingga predikat organik benar-benar terbukti dan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Wisatawan yang berkunjung akan disuguhi kealamian dan menikmati makan bersama penduduk desa serta bisa menginap di rumah penduduk yang banyak dijadikan homestay,” katanya dalam berita tertulis, Jumat (4/10).

Selain pertanian padi organik, wilayah berpenduduk 2.697 jiwa saat ini sedang giat mengembangkan tanaman buah dan sayur organik.

Sementara itu, pengembangan desa wisata digarap melalui Program Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) yang merupakan program Pemerintah Propinsi Jawa Tengah yang diintegrasikan pada kegiatan Bappeda di 35 kabupaten/kota.

Pemkab Sragen melalui Bappeda setempat saat ini telah melaksanakan 4 tahapan PEL sampai pada Penyusunan Rencana Bisnis dan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) diantaranya produksi, pemasaran pupuk dan padi organik, serta agro farmaca organik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sragen wisata desa organik
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top