Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Produk Pertanian Organik Paguyuban Al Barokah Kantongi Sertifikat LSPO

Bisnis.com, SEMARANG-Produk pertanian organik paguyuban petani Al Barokah Desa Ketapang, Kabupaten Semarang akhirnya mampu memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) sehingga masuk pasar ekspor.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 03 Oktober 2013  |  19:50 WIB

Bisnis.com, SEMARANG-Produk pertanian organik paguyuban petani Al Barokah Desa Ketapang, Kabupaten Semarang akhirnya mampu memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) sehingga masuk pasar ekspor.

Ketua Paguyuban Petani Al Barokah Mustofa mengatakan upaya kelompok petani organik telah mendapatkan pengakuan melalui sertifikasi Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik (LSPO) Indonesian organic farming certification (Inofice).

“Produk pertanian sudah SNI dan sejak 2 tahun lalu telah mampu mengekspor sekitar 2,5 ton produk padi organik ke Hongkong dan Amerika Serikat,” terangnya menurut berita tertulis, Kamis (3/10/2013).

Kini, kelompok Al Barokah menjadi wadah 392 petani yang mengusahakan pertanian organik murni di lahan seluas 27 hektar. Karena telah memenuhi SNI tentang pangan organik maka hasil pertanian dapat menjadi acuan bagi produsen di dalam maupun luar negeri.

Gerakan pertanian organik itu mendapat pujian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai langkah kemandirian petani melalui teknologi tanam mandiri.

Ganjar menilai gerakan itu membawa semangat petani untuk menciptakan kemakmuran di wilayah desa yang mandiri dan berdaulat pangan.

“Pertanian organik itu ramah lingkungan, tidak mencemari lingkungan dengan berbagai residu bahan kimia dari pupuk maupun insektisida, langkah ini perlu mendapat apresiasi,” katanya.

Menurutnya, petani organik memiliki keunggulan tidak terkena dampak kenaikan harga pupuk karena dalam pengembangan pertanian telah berkreasi dan menerapkan inovasi mengatasi hal itu.

“Petani tidak hanya menjadi obyek tapi menjadi subyek dan menentukan nasibnya sendiri melalui kreativitas dalam bertani."

Melalui gerakan pertanian organik itu, pemprov berharap kedepan semakin banyak yang mengikuti langkah kelompok Al Barokah sehingga produk memiliki daya saing tinggi khususnya kualitas produk organik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semarang sni produk pertanian organik paguyuban petani al barokah
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top