Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pergantian Kapolri: Kompolnas Bilang Sutarman Paling Sedikit Bermasalah

Bisnis.com, JAKARTA--Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrianus Meliala menganggap Komjen Pol Sutarman dipilih sebagai calon tunggal Kapolri karena paling sedikit bermasalah."Dia (Sutarman) orang yang paling kecil masalah (least problematic),

Bisnis.com, JAKARTA--Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrianus Meliala menganggap Komjen Pol Sutarman dipilih sebagai calon tunggal Kapolri karena paling sedikit bermasalah.

"Dia (Sutarman) orang yang paling kecil masalah (least problematic), jadi bisa lancarlah ketimbang (calon) yang lain-lain," kata Adrianus di Jakarta, Senin (30/9/2013).

Kriminilog itu juga mengatakan pertimbangan itulah yang kemungkinan diambil oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam memilih Sutarman sebagai calon tunggal pengganti Jenderal Pol Timur Pradopo.

"Itu mungkin dari (persepsi) presiden. 'Least problematic, best of the worst',"  paparya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso menyampaikan bahwa pihaknya menerima surat dari Presiden yang mengajukan nama Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Sutarman sebagai calon tunggal Kapolri mengganti Jendral Timur Pradopo yang akan segera memasuki masa pensiun pada Jumat (27/9).

DPR RI diminta Presiden SBY untuk memberikan persetujuan terhadap Kabareskrim Komjen Pol Sutarman sebagai kandidat Kapolri.

"Nanti setelah rapat pimpinan, hal ini akan diumumkan di sidang paripurna, lalu dibawa ke Bamus. Selanjutnya, pimpinan DPR akan menugaskan komisi III DPR untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sutarman," kata Priyo. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper