Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Arus Balik: Hati-hati! Kemacetan Panjang di Pelabuhan Bakauheni Hari ini (11/8/2013)

Bisnis.com, JAKARTA - Arus baliK pemudik mulai memadati areal Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Sabtu malam atau dua hari setelah Lebaran 2013.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 11 Agustus 2013  |  03:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Arus baliK pemudik mulai memadati areal Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Sabtu malam atau dua hari setelah Lebaran 2013.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, arus balik pemudik itu tidak hanya didominasi penumpang kendaraan pribadi atau penumpang dalam bus antarprovinsi, tetapi juga penumpang bus kota rute Rajabasa-Bakauheni.

Sejumlah penumpang arus balik menyebutkan mereka pulang lebih awal untuk menghindari kemacetan panjang dan penumpukan kendaraaan di areal Pelabuhan Bakauheni yang diperkirakan terjadi pada Minggu (11/8/2013).

"Saya bersama keluarga berlebaran di Kalianda Kabupaten Lampung Selatan dan Panjang Bandarlampung, sekarang mau balik ke Ciwastra Bandung. Besok tentu makin padat, jadi lebih baik pulang lebih awal," kata salah satu pemudik, Asih, saat membeli tiket di loket Bakauheni.

Sementara itu, bus penumpang asal Terminal Rajabasa terus menurunkan penumpang di areal Terminal Bakauheni. Penumpang itu selanjutnya akan melanjutkan perjalanan dengan menyeberang menggunakan feri ke Pelabuhan Merak Banten.

Arus kendaraan pribadi juga terus memadati Pelabuhan Bakauheni, namun semua kendaraan itu masih tertampung di areal Pelabuhan Bakauheni. Selain kendaraan yang berasal dari Jakarta, banyak juga mobil yang berasal dari Bandung, Semarang, Malang dan Yogyakarta.

 

Puncak arus balik pemudik pekerja sektor formal diperkirakan terjadi pada Minggu, sementara arus balik pekerja sektor informal akan mencapai puncaknya pada Sabtu dan Minggu (18/8/2013) mendatang.

 

Menurut Posko Lebaran ASPD Cabang Bakauheni,jumlah pemudik asal Pulau Jawa yang berada di Sumatra tercatat 564.593 orang yang terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 114.624 orang dan penumpang kendaraan sebanyak 449.969 Orang.

Jumlah kendaraan motor pemudik yang diseberangkan ke Bakauheni selama arus mudik tercatat 57.593 Unit dan kendaraan roda empat sebanyak 60.289 unit. Arus balik pemudik diperkirakan akan meningkat tajam mulai Sabtu hingga Minggu (11/8), karena para karyawan dan PNS sudah bekerja mulai Senin.(antara/yus)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bakauheni mudik Arus Balik

Sumber : Newswire

Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top