Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Truk Tenggelam Berhasil Diangkat, Dermaga V Merak Segera Diperbaiki

Bisnis.com, MERAK--Tim evakuasi berhasil mengangkat truk tronton bermuatan tepung tapioka yang tenggelam dan tersangkut di bawah jembatan bergerak Dermaga V Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten."Petugas berhasil mengangkat truk bermuatan tapioka seberat

Bisnis.com, MERAK--Tim evakuasi berhasil mengangkat truk tronton bermuatan tepung tapioka yang tenggelam dan tersangkut di bawah jembatan bergerak Dermaga V Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten.

"Petugas berhasil mengangkat truk bermuatan tapioka seberat 30 ton sekitar pukul 17.10 WIB," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo di Merak, Minggu (28/7/2013).

Menurut dia, tim evakuasi bekerja keras menggunakan peralatan berat dengan melilitkan kawat baja untuk mengangkat truk yang tenggelam dan tersangkut di jembatan Dermaga V Pelabuhan Merak.

Pengangkatan truk berhasil dilakukan selama beberapa jam meskipun petugas mengalami kesulitan karena posisinya berada di pinggir pondasi jembatan. Penyelam berhasil melilitkan kawat baja ke bagian as kendaraan juga bodi kendaraan.

Truk yang tercebur ke laut tersebut dievakuasi ke Kantor Kepolisian Sektor Pelabuhan Merak sekitar pukul 18.00 WIB. "Kami merasa lega setelah berjam-jam berusaha berhasil mengangkat truk tronton ke darat," ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kerusakan jembatan bergerak dan secepatnya diperbaiki sehingga bisa difungsikan untuk melayani angkutan mudik Lebaran.

Saat ini, pihaknya memaksimalkan empat dermaga untuk menampung kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. "Selama ini arus kendaraan menumpuk di areal parkir, tetapi berjalan lancar," katanya.

Mario menyebutkan jembatan lintasan di Dermaga V Pelabuhan Merak itu dibangun pada 1999.

Kekuatan tonase jembatan itu bisa menampung beban seberat 50 ton. Namun penyebab ambruknya jembatan tersebut belum bisa disimpulkan dan saat ini sedang dilakukan penyelidikan.

Peristiwa runtuhnya jembatan Dermaga V itu tidak menimbulkan korban jiwa. "Kami berharap penyebab kerusakan jembatan itu bisa terungkap sehingga bisa secepatnya diperbaiki dengan kualitas yang baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper