Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bimbingan Teknis, Usaha Kecil Diharapkan Dorong Kesejahteraan Keluarga

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang menerapkan bimbingan teknis untuk beberapa kategori industri guna meningkatkan keterampilan kewirausahaan.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 15 Juli 2013  |  15:57 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang menerapkan bimbingan teknis untuk beberapa kategori industri guna meningkatkan keterampilan kewirausahaan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Litani Setyawati mengatakan upaya pengembangan usaha mikro bisa dilakukan melalui pemberdayaan potensi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan manajemen maupun produksi.

"Ketika pelaku usaha mikro bisa mengembangkan dan meningkatkan mutu produksi usahanya, pada akhirnya akan berimbas pada peningkatan hasil dan perekonomian keluarga," katanya di Semarang, Senin (14/7/2013).

Program bimbingan teknis menjadi salah satu rutinitas kedinasan untuk pengembangan ketrampilan wirausaha seperti penyuluhan manajemen usaha, pelatihan kewirausahaan boga, pelatihan usaha warga sekitar lokasi industri, hingga analisa laporan keuangan.

Ketua TP PKK Kota Semarang, Krisseptiana menuturkan pemberdayaan potensi juga perlu dilakukan melalui kelompok perempuan pelaku usaha mikro supaya kedepan lebih kreatif dan inovatif dalam pengelolaan dan pengembangan usaha.

"Melalui pembinaan, kelompok usaha akan mampu berkembang sehingga lebih berdaya guna dalam peran untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi keluarga," ujarnya.

Bimbingan teknis berbagai kategori itu juga dilakukan untuk kelompok usaha baru dan koperasi khususnya sistem komputerisasi akuntansi sehingga penghitungan keuangannya lebih teratur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm koperasi usaha mikro bimbingan teknis bintek
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top