Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Perlu Sikapi Dunia tanpa Pusat Kekuatan

BISNIS.COM, JAKARTA -- Indonesia diminta mewaspadai kondisi Uni Eropa, Amerika Serikat, dan China terkait dengan kemungkinan penurunan ekspor ke tiga pasar tersebut."Indonesia bisa saja jadi 'korban' dari kondisi domestik Uni Eropa, AS, dan China yang

BISNIS.COM, JAKARTA -- Indonesia diminta mewaspadai kondisi Uni Eropa, Amerika Serikat, dan China terkait dengan kemungkinan penurunan ekspor ke tiga pasar tersebut.

"Indonesia bisa saja jadi 'korban' dari kondisi domestik Uni Eropa, AS, dan China yang tidak menentu. Bisa saja ekspor Indonesia ke Uni Eropa dan AS turun. Demikian juga impor Indonesia dari China," ujar Ryaas Rasyid, Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), Kamis (27/6).

Dia menjelaskan di sela diskusi bertema The World without Center: The Domestic Preoccupations of America, Europe and China, yang menghadirkan Prof. Heningsen MA Phd, guru besar ilmu politik Hawaii University.

Dia menjelaskan kondisi dunia tanpa pusat (kekuatan ekonomi dan politik) secara ekonomi dalam jangka panjang akan merugikan Indonesia. AS dan Eropa selama ini menjadi pasar tradisional ekspor, sedangkan Indonesia banyak mengandalkan impor dari China.

"Kini, tiga kekuatan ekonomi dan politik dunia, yakni AS, Eropa, dan China tidak bisa diharapkan memainkan peranan, karena sedang sibuk dengan urusan domestik," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper