IBADAH HAJI 2013: 170 Calon Asal Bangkalan Gagal Berangkat

BISNIS.COM, BANGKALAN--Sebagian calon jamaah haji 2013 dipastikan gagal berangkat ke Tanah Suci setelah Arab Saudi memangkas kuota haji asal Indonesia.
News Editor | 16 Juni 2013 03:24 WIB

BISNIS.COM, BANGKALAN--Sebagian calon jamaah haji 2013 dipastikan gagal berangkat ke Tanah Suci setelah Arab Saudi memangkas kuota haji asal Indonesia.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Abdul Hamid memperkirakan sebagian calon haji akan gagal berangkat, karena adanya pengurangan jatah kuota haji dari pemerintah Arab Saudi.

"Namun, hingga kini kami masih menunggu surat resmi dari Kanwil belum turun pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bangkalan terkait pengurangan kuota tersebut," katanya, Sabtu (15/6/2013).

Dia menjelaskan adanya informasi tentang pengurangan kuota haji 2013 memang membuat sebagian calon haji resah. Jika pengurangan kuota haji benar-benar terjadi bagi sebagian calon haji di Bangkalan, ia memperkirakan sekitar 170 calon haji terancam gagal melaksanakan ibadah haji 2013.

"Adanya berita pengurangan kuota haji membuat calon haji kita galau. Karena kalau betul-betul terjadi, maka 20% calhaj harus masuk dalam daftar tunggu," katanya.

Dia mengatakan di Bangkalan jumlah calon haji yang akan berangkat menunaikan abadah haji sebanyak 859 orang.
Jika terjadi pengurangan kuota haji sebesar 20%, menurut Hamid, itu berarti ada sekitar 170 calon haji yang harus rela berangkat tahun depan.

Menurutnya, sampai saat ini pihaknya juga masih belum bisa memberikan penjelasan secara pasti tentang mekanisme pengurangan kuota, apakah berdasarkan nomor urut atau calon haji yang berusia muda dengan mengutamakan yang berusia lanjut. "Kita masih menunggu surat resmi dari Kanwil Jatim," katanya.

Hamid mengatakan hingga kini calon haji asal Kabupaten Bangkalan yang belum melunasi biaya haji sekitar lima%. (Antara)

Tag : ibadah haji
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top