Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KERJASAMA INVESTASI: Kedubes Prancis Jajaki Peluang di Balikpapan

BISNIS.COM, BALIKPAPAN-Kedutaan Besar Prancis menjajaki peluang kerja sama di berbagai bidang, utamanya energi, pariwisata, transportasi, perikanan dan pertanian guna membantu meningkatkan kemandirian kota dalam memenuhi kebutuhan daerahnya.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 10 Juni 2013  |  14:44 WIB

BISNIS.COM, BALIKPAPAN-Kedutaan Besar Prancis menjajaki peluang kerja sama di berbagai bidang, utamanya energi, pariwisata, transportasi, perikanan dan pertanian guna membantu meningkatkan kemandirian kota dalam memenuhi kebutuhan daerahnya.

Duta Besar Prancis Untuk Indonesia dan Timor Leste Corinne Breuze mengatakan perkembangan bisnis yang terjadi di Balikpapan terlihat cukup baik. Karena itu, dirinya datang bersama dengan komunitas pelaku bisnis asal Prancis untuk menyampaikan ketertarikan pada sektor yang belum tergarap.

“Seperti pengembangan energi terbarukan dan konstruksinya, pembangunan railway, pengolahan air termasuk desalinasi air laut, transportasi udara serta perikanan,” ujarnya ketika ditemui seusai pertemuannya dengan Wakil Walikota Balikpapan Heru Bambang, Senin (10/6/2013).

Pengembangan energi terbarukan, katanya, bertujuan untuk memberikan alternatif penyediaan energi kepada masyarakat. Adapun pembangunan railway bisa membantu menyediakan pilihan moda transportasi bagi masyarakat.

Breuze menambahkan pihaknya juga mendapatkan informasi mengenai potensi perikanan yang cukup besar di Balikpapan. Selain itu, juga ada ketertarikan untuk menyediakan pesawat sebagai sarana transportasi udara. “Termasuk helikopter yang mungkin akan dibutuhkan di sini,” katanya.

Kemudian, kata Breuze, sektor pariwisata melalui penyediaan fasilitas hunian juga potensial untuk dikembangkan. Wisatawan yang datang tentu memerlukan pelayanan yang nyaman agar mau datang kembali.

Wakil Walikota Balikpapan Heru Bambang menambahkan ada sekitar 6.000 orang per bulan yang datang ke kota itu, baik dalam rangka bisnis maupun wisata. Tentunya, hal ini memerlukan dukungan pelayanan, termasuk dari investor, agar potensinya bisa terjaring.

Dia mengatakan kondisi pariwisata di Balikpapan memang masih belum cukup baik untuk mendatangkan wisatawan karena keterbatasan anggaran untuk mengembangkan sektor tersebut. Melalui kerja sama semacam ini, diharapkan pengembangan potensinya bisa lebih baik lagi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan rencananya pemerintah kota akan mengunjungi kedutaan besar untuk mempresentasikan potensi kerja sama tersebut pada pekan depan.

“Kami akan tawarkan yang potensial seperti manajemennya di KIK [Kawasan Industri Kariangau], layanan kesehatan darurat yang sebenarnya hanya tinggal melanjutkan kerja sama, tenaga surya serta coastal road. Kalau coastal road kami harapkan bisa ikut lelang,” tukasnya.

Dia menambahkan adapula sektor potensial yang layak ditangkap Kaltim yakni penyediaan pesawat angkut udara. Program pembangunan jembatan udara melalui pesawat bisa menjadi salah satu pendorong realisasi ketertarikan tersebut. (MFM)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata balikpapan energi terbarukan corinne breuze heru bambang
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top