Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HARGA BAWANG TURUN: Kota Palembang Alami Deflasi 0,41%

BISNIS.COM, PALEMBANG – Badan Pusat Statistik Sumsel mencatat Kota Palembang mengalami deflasi sebesar 0,41% pada Mei 2013 yang ditunjukkan oleh penurunan indeks harga konsumen dari April ke Mei 2013.Kepala BPS Sumsel Baehdi Ruswana mengatakan
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 03 Juni 2013  |  16:32 WIB

BISNIS.COM, PALEMBANG – Badan Pusat Statistik Sumsel mencatat Kota Palembang mengalami deflasi sebesar 0,41% pada Mei 2013 yang ditunjukkan oleh penurunan indeks harga konsumen dari April ke Mei 2013.

Kepala BPS Sumsel Baehdi Ruswana mengatakan kondisi deflasi yang terjadi di Palembang sama halnya secara nasional. BPS Pusat mengumumkan inflasi nasional sebesar -0,03% pada bulan lalu.

“Deflasi ini terutamanya masih disumbang oleh perubahan harga pada komoditas bawang merah, bawang putih dan emas perhiasan di mana harganya memang sedang turun,” katanya, Senin (2/6).

Menurut dia, berdasarkan kelompok pengeluaran terdapat 2 kelompok yang menurun indeks harga konsumen (IHK), yaitu kelompok bahan makanan sebesar -1,94% dan kelompok sandang sebesar -0,89%. Sementara 4 kelompok pengeluaran lainnya mengalamin kenaikan IHK dan 1 kelompok sementara ini tidak mengalami perubahan.

Baehdi mengatakan inflasi pada Mei 2013 ini lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi bulan yang sama pada tahun lalu sebesar 0,08%.

“Bahkan jika dibandingkan dengan inflasi Mei 2011 juga masih lebih rendah sekarang,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palembang bawang harga bawang
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top