BISNIS.COM, SAN FRANCISCO--Apple pada Selasa (Rabu, 24/4/2013) melaporkan laba kuartalannya telah turun untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, meskipun pendapatannya naik dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Apple membukukan laba sebesar US$9,5 miliar dengan pendapatan US$43,6 miliar dalam tiga bulan pertama tahun ini, dibandingkan dengan keuntungan sebesar US$11,6 miliar dan pendapatan US$39,2 miliar pada kuartal yang sama 2012.

"Kami sangat senang untuk melaporkan rekor pendapatan kuartal Maret berkat berlanjutnya kinerja yang kuat dari iPhone dan iPad," kata Kepala Eksekutif Apple Tim Cook.

Apple juga mengumumkan bahwa dewan direksi telah menyetujui rencana pembelian kembali jumlah sahamnya lebih dari dua kali lipat menjadi US$100 miliar dalam tiga tahun mendatang.

Dewan juga menyetujui langkah untuk menaikkan dividen saham mendatang 15%  per saham biasa karena perusahaan bekerja untuk memulihkan kepercayaan para pemegang saham.

"Kami sangat beruntung berada dalam posisi untuk ukuran lebih dari dua kali lipat pada program pengembalian modal yang kami umumkan tahun lalu," kata Cook.

"Kami sangat yakin bahwa pembelian kembali saham perusahaan merupakan penggunaan menarik dari modal kami bahwa kami telah mendedikasikan sebagian besar dari peningkatan dalam program pengembalian modal kami untuk pembelian kembali saham."

Saham Apple melonjak 5,5%  menjadi US$428,30 setelah laporan keuangan itu diumumkan, demikian mengutip laporan AFP.