Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONFLIK KOREA: Korut Persiapkan Lagi Uji Coba Nuklir Keempat

BISNIS.COM, SEOUL-Rezim Korea Utara dikabarkan sedang mempersiapkan ujo coba nuklir keempat, menyusul adanya gerakan di situs uji coba bom atom mirip dengan peristiwa menjelang leadakan sebelumnya, demikian pantauan surat kabar Korsel.Mengutip pernyataan

BISNIS.COM, SEOUL-Rezim Korea Utara dikabarkan sedang mempersiapkan ujo coba nuklir keempat, menyusul adanya gerakan di situs uji coba bom atom mirip dengan peristiwa menjelang leadakan sebelumnya, demikian pantauan surat kabar Korsel.

Mengutip pernyataan pejabat senior Pemerintah Korsel, surat kabar itu mengatakan Korut telah meningkatkan peringatan dalam beberapa pekan terakhir, dan menyatakan mereka telah memasuki keadaan perang dengan Seoul, mengancam untuk menyerang sasaran AS dan memblokir akses ke satu kompleks pabrik kerja sama patungan di perbatasan dengan Selatan.


"Ada gerakan aktif tenaga kerja dan kendaraan baru-baru ini di terowongan selatan di Punggye-ri," kata surat kabar Korea Selatan, JoongAng Ilbo mengutip seorang pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

 

Pejabat itu mengacu pada situs uji coba nuklir Korut. "Kami memantau karena situasi mirip dengan perilaku yang terlihat sebelum uji coba nuklir ketiga," kata pejabat itu.

Tidak jelas, kata pejabat itu kepada surat kabar tersebut, apakah kegiatan itu dimaksudkan untuk menyesatkan pihak mata-mata AS.

Pada 12 Februari uji coba nuklir Korea Utara menuntut sanksi PBB lebih keras dan memicu tanggapan keras pula dari Pyongyang.

Menteri Pertahanan Korsel mengatakan kepada para anggota parlemen pada Februari, setelah uji coba nuklir ketiga, bahwa tes berikutnya mungkin saja terjadi.

Gerakan-gerakan Pyongyang tampaknya ke arah tempat peluncuran peluru kendali jarak menengah Musudan di pantai timur, menurut laporan-laporan media pekan lalu.(antara/reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper