Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ADVOKASI LINGKUNGAN: Sponsor Utama Chelsea Didemo Aktivis Lingkungan

BISNIS.COM, JAKARTA-Friends of the Earth (FoE), organisasi lingkungan, mendemo markas klub sepakbola Liga Inggris, Chelsea FC, dengan tuntutan agar Samsung sebagai sponsor utama Chelsea bersikap terbuka atas penggunaan timah asal Pulau Bangka Indonesia
Anugerah Perkasa
Anugerah Perkasa - Bisnis.com 05 April 2013  |  17:33 WIB
ADVOKASI LINGKUNGAN: Sponsor Utama Chelsea Didemo Aktivis Lingkungan
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-Friends of the Earth (FoE), organisasi lingkungan, mendemo markas klub sepakbola Liga Inggris, Chelsea FC, dengan tuntutan agar Samsung sebagai sponsor utama Chelsea bersikap terbuka atas penggunaan timah asal Pulau Bangka Indonesia yang destruktif

Dalam keterangan persnya bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) hari ini (5/4/2013) di Jakarta, Julian Kirby dari FoE Inggris mengatakan aktivis FoE Inggris menggeruduk markas Chelsea dengan tuntutan agar Samsung terbuka tentang penggunaan timah dalam produk elektronik mereka.

"Sepertiga timah dunia berasal dari Pulau Bangka Belitung, Indonesia. Hingga saat ini, perusahaan Samsung tidak mengakui asal timah yang mereka gunakan. Kami mendesak agar semua perusahaan elektronik bertanggungjawab untuk memulihkan kerusakan lingkungan Bangka ," kata Kirby dalam keterangan bersama.

Pius Ginting, aktivis Walhi mengharapkan agar terdapat peraturan yang menegaskan timah untuk pasar luar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan darat dan laut. Selain itu, penggunaan timah itu agar tidak membahayakan jiwa dan mengakui hak rakyat untuk memutuskan apakah lingkungan mereka ditambang atau tidak.

Pius mengungkapkan para nelayan di Bangka dan Belitung kerap melakukan protes karena tangkapan mereka berkurang drastis akibat penambangan timah di laut, akibat terumbu karang yang tersedimentasi. Menurutnya, hal itu menyebabkan ikan-ikan tidak lagi menghuni area tersebut.

"Walhi bersama FoE mendesak agar perusahaan elektronik terbuka tentang dampak timah yang mereka gunakan, serta melakukan perbaikan kerusakan lingkungan yang telah terjadi," kata Pius.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chelsea samsung walhi

Sumber : Anugerah Perkasa

Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top