Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI dan Bisnis Indonesia Berikan Pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan

BISNIS.COM, BANDUNG–Bank BRI bersama Bisnis Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan dengan tema “Upaya Menciptakan Lingkungan Usaha yang Go Green” bagi pengusaha menengah bawah di Hotel Hilton Bandung, Rabu

BISNIS.COM, BANDUNG–Bank BRI bersama Bisnis Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan dengan tema “Upaya Menciptakan Lingkungan Usaha yang Go Green” bagi pengusaha menengah bawah di Hotel Hilton Bandung, Rabu (3/4/2013).

Acara yang turut didukung oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Jawa Barat, Kadin Jawa Barat, dan Perkumpulan Cendekiawan Lingkungan (Perwaku) ini dihadiri sekitar 150 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang UKM dan Kemitraan Iwan Gunawan mengapresiasi acara yang menurutnya akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Salah satu yang menjadi kendala bagi pelaku usaha UMKM adalah soal pemahaman. Semoga dari acara ini ada tindak lanjut,” katanya saat memberikan sambutan.

Dia melanjutkan pelaku UMKM untuk saat ini perlu lebih dekat dengan BPLHD, selain merapat ke disperindag atau dinas KUKM, agar kelangsungan usaha bisa sejalan dengan kelangsungan lingkungan.

“Ini menjadi sebuah peluang. Ke depannya go green itu bukan lagi cost tapi menjadi investasi termasuk bagi pelaku usaha UMKM,” tuturnya.

Kepala BPLHD Jabar Setiawan Wangsaatmadja menyatakan kegembiraannya atas inisiatif dan gerakan berbagai pihak, mulai dari pelaku usaha, kadin, hingga perbankan, dalam mendorong pengelolaan lingkungan hidup.

“Harapannya workshop kali ini menjadi langkah penting bangun kemitraan antara UKM, pemerintah lintas sektor, dan dunia usaha untuk upaya pengendalian pencemaran lingkungan,” ungkapnya.

Direktur Produksi dan Pengembangan Produk PT Jurnalindo Aksara Grafika, penerbit harian Bisnis Indonesia, Ahmad Djauhar menyatakan pelatihan ini merupakan komitmen Bisnis Indonesia untuk menciptakan lingkungan usaha yang go green.

“Kami sangat mendukung. Dari berbagai pengalaman kami dalam pemberitaan, usaha go green akan jadi primadona dunia,” sebutnya. (k4/ija)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : ajijah
Editor : Others
Sumber : Abdalah Gifar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper