Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Macet Hantui Ekonomi Vietnam

BISNIS.COM, HO CHI MINH CITY-Pertumbuhan ekonomi Vietnam melambat pada kuartal I/2013, sehingga mendesak pemerintah untuk membangkitkan kembali kredit perbankan dalam perekonomian yang tertekan oleh kredit macet itu.Kantor Statistik Umum Vietnam di Hanoi

BISNIS.COM, HO CHI MINH CITY-Pertumbuhan ekonomi Vietnam melambat pada kuartal I/2013, sehingga mendesak pemerintah untuk membangkitkan kembali kredit perbankan dalam perekonomian yang tertekan oleh kredit macet itu.

Kantor Statistik Umum Vietnam di Hanoi pada Rabu (27/3/13) melaporkan produk domestik bruto (PDB) naik 4,89% pada 3 bulan pertama tahun ini dari periode yang sama pada tahun lalu.

Pertumbuhan PDB year on year (yoy) pada kuartal IV/2012 tercatat sebesar 5,4%, sedangkan pada kuartal I/2012 sebesar 4,75%. Adapun estimasi nilai tengah 10 ekonom yang disurvei Bloomberg untuk kuartal I/2013 adalah 5,2%.

Kredit perbankan Vietnam turun dalam 2 bulan pertama tahun ini setelah tumbuh 9% sepanjang tahun lalu, terendah dalam 2 dasawarsa terakhir. Perdana Menteri Nguyen Tan Dung pada Februari telah mengesahkan rencana pemulihan ekonomi, yang mencakup kredit.

“Masih sulit bagi orang-orang untuk mendapatkan pinjaman dan pemain real estat masih kesulitan. Ini akan menjadi tahun yang berat ,” kata Louis Nguyen, CEO Saigon Asset Management Corp. di Ho Chi Minh City.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Achmad Puja R. Altiar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper