Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KASUS KORUPSI: Penyuap Hakim Tipikor Divonis Penjara 4 Tahun

SEMARANG--Sri Dartuti, terdakwa kasus suap terhadap hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, divonis penjara selama 4 tahun. "Terdawak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyuapan," ujar Ketua Majelis Hakim

SEMARANG--Sri Dartuti, terdakwa kasus suap terhadap hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, divonis penjara selama 4 tahun.
 
"Terdawak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyuapan," ujar Ketua Majelis Hakim Erintuah Damanik membacakan vonis, Rabu (13/3/2013).
 
Selain hukuman penjara, majelis hakim juga menjatuhkan denda Rp150 juta dengan subisder 3 bulan penjara apabila tidak dibayar.

Terdakwa divonis melanggar  Pasal 6 ayat 1 undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 KUHP.
 
Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi yang menuntut penjara selama 7 tahun dan denda Rp250 juta
 
Menurut Majelis Hakim, Sri Dartuti terbukti melakukan penyuapan terhadap hakim ad hoc Pengadilan Tipikor Kartini Marpaung.

Tujuan penyuapan itu adalah meringankan hukuman M. Yaeni, kakak terdakwa, yang sedang menjadi terdakwa kasus korupsi APBD Grobogan.
 
Hal yang memberatkan terdakwa adalah, perbuatan yang dilakukan merupakan kejahatan luar biasa.

Adapun hal yang meringankan adalah terdakwa mengaku kesalahan dan menyesal. Selain itu, terdakwa juga belum pernah dipidana dan orang tua tunggal

Seusai pembacaan vonis, tim penasihat hukum menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut. Hal  yang sama juga dinyatakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK.   (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Others
Sumber : Donald Banjarnahor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper