Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APPLE VS SAMSUNG: Ganti Rugi Apple Dipotong 45%

SAN FRANCISCO--Kemenangan Apple Inc senilai US$1,05 miliar melawan Samsung Electronics Co dalam kasus pelanggaran paten dipangkas sekitar 45% oleh hakim setelah menemukan kekeliruan juri.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 03 Maret 2013  |  13:51 WIB
APPLE VS SAMSUNG: Ganti Rugi Apple Dipotong 45%
Bagikan

SAN FRANCISCO--Kemenangan Apple Inc senilai US$1,05 miliar melawan Samsung Electronics Co dalam kasus pelanggaran paten dipangkas sekitar 45% oleh hakim setelah menemukan kekeliruan juri.

Hakim Distrik AS Lucy Koh di San Jose, California, pada Jumat (1/3) mengurangi nilai ganti rugi sebesar US$450,5 juta dari uang yang dihadiahkan juri sebelumnya.

Hakim menyebut bahwa juri memutuskan nilai ganti rugi untuk 14 produk Samsung berdasarkan teori hukum yang salah. Koh mengatakan perusahaan harus mempertimbangkan untuk menarik banding atas putusannya sebelum sidang lainnya dimulai.

Dalam putusannya disebutkan seorang saksi untuk Apple yang memberi testimoni dan dijadikan dasar juri menggunakan teori yang secara hukum tidak dizinkan dalam pengadilan.

Hakim mengatakan karena instruksinya secara eksplisit menyatakan teori itu tidak dapat digunakan, maka soal nilai ganti rugi yang dijatuhkan juri juga tidak tepat.

Juri telah keliru, katanya, dengan memberi angka kerugian dari laba Samsung untuk produk yang sebenarnya hanya melanggar hak paten utilitas saja, yang secara legal tidak diizinkan.

Selain itu, nilai kerugian yang diberikan atas pelanggaran paten itu berlebihan karena tampaknya juri juga memasukkan kompensasi atas periode pelanggaran sebelum Samsung diberitahu bahwa Apple pemilik hak kekayaan intelektual itu.

Koh sebelumnya menolak permintaan Apple untuk melarang penjualan 26 perangkat mobile produksi Samsung, dan juga tidak mau menaikkan nilai ganti rugi seperti yang diminta produsen iPhone.

Dia mengatakan jumlah yang harus dibayarkan oleh Samsung masih diperdebatkan. Namun, lanjutnya, nilai yang dijatuhkan juri untuk 14 produk lainnya adalah US$598,9 juta.

"Ini adalah pendapat yang sangat hati-hati dan menyeluruh pada sesuatu yang sangat sulit dan isu yang saling terkait," kata Profesor Stanford Law School Mark A. Lemley.

"Samsung akan mendapatkan beberapa pengurangan nilai ganti rugi, tapi hampir pasti kurang dari US$450 juta- kita memerlukan sidang baru untuk mengetahui pastinya."

Samsung dan Apple, dua produsen telepon cerdas terbesar dunia, masing-masing telah mencetak kemenangan dalam perselisihan paten yang dilakukan di empat benua.

Pertarungan dimulai sejak Apple menuduh pembuat barang elektronik terbesar di Asia itu "merendahkan diri dengan menyalin" perangkat buatannya.

Kedua perusahaan bersaing untuk merebut dominasi pasar perangkat ponsel global yang diperkirakan oleh kelompok peneliti Yankee Group mencapai nilai US$346 miliar pada 2012.

Sekalipun saling jegal di pengadilan, Apple tetap menjadi salah satu pelanggan terbesar Samsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hukum samsung apple paten pengacara cantik

Sumber : Bloomberg

Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top