Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI TAMBANG: Coal Rush BUMI PLC Langgengkan Kerusakan Lingkungan

JAKARTA: 'Coal rush' produksi milik Bumi Plc dinilai tetap melanggengkan kerusakan  lingkungan dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Kalimantan walaupun terjadi perubahan dalam komposisi kepemilkan saham di perusahaan tersebut. Hal itu

JAKARTA: 'Coal rush' produksi milik Bumi Plc dinilai tetap melanggengkan kerusakan  lingkungan dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Kalimantan walaupun terjadi perubahan dalam komposisi kepemilkan saham di perusahaan tersebut.
 
Hal itu disampaikan tiga organisasi lingkungan dan HAM di London, Inggris yakni Down to Earth, London Mining Network dan War on Want. Dalam keterangan bersama pada Kamis, (21/02/2013), mereka menyatakan siapa pun yang memenangkan pertarungan kepemilikan saham perlu bertanggung jawab atas pengaruh buruk yang terjadi pada masyarakat di Kalimantan.
 
Menurut mereka, 'coal rush' milik perusahaan itu akan terus terjadi sehingga berdampak pada lingkungan, sosial, HAM dan kesehatan di Indonesia. Pemerintah Inggris sebelumnya banyak mendapat kritik karena mengizinkan Bumi Plc ke dalam London Stock Exchange, padahal terdapat pemilik saham lainnya Aburizal Bakrie yang diduga terlibat dalam kasus malpraktik dan korupsi di Indonesia.
 
"Apapun hasilnya nanti di London, yang kalah adalah orang-orang di Indonesia karena menuai konsekuensi negatif dari ekstrasi batu bara Bumi. Pelanggaran HAM dan kerusakan lingkungan," kata Patrick Kane dari War on Want.
 
Sedangkan Richard Solly, London Mining Network, mengatakan masalah itu tak hanya membuat para investor menderita, namun juga para pekerja, masyarakat dan ekosistem. Dia mengharapkan para investor mulai mendengarkan kritik dari organisasi tersebut yang telah disampaikan pada tahun lalu. Namun para aktivis tersebut kemudian diejek hanya mengomel oleh investor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Others
Sumber : Anugerah Perkasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper