Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SOLO CARNAVAL: Roy Suryo Ikut Arak-arakan Budaya

SOLO: Solo menggelar karnaval dalam rangka memperingati ulang tahun ke-268 kota tersebut pada Sabtu (16/2) sore dengan tema Wayang adalah Budaya Bangsaku. Arak-arakan dimulai dari Lapangan Kottabarat-Balaikota melewati Jl Slamet Riyadi.
News Writer
News Writer - Bisnis.com 16 Februari 2013  |  19:51 WIB

SOLO: Solo menggelar karnaval dalam rangka memperingati ulang tahun ke-268 kota tersebut pada Sabtu (16/2) sore dengan tema Wayang adalah Budaya Bangsaku. Arak-arakan dimulai dari Lapangan Kottabarat-Balaikota melewati Jl Slamet Riyadi.

Tampak Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy), mengenakan kostum tokoh pewayangan Werkudara, diikuti jajaran kepala SKPD dan DPRD Solo. Hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo  yang ikut dalam arak-arakan.

Ditemui wartawan sebelum karnaval digelar, Roy mengungkapkan kostum yang dikenakan yakni Setiyaki. Roy mengatakan kostum yang dikenakannya merupakan pilihan dari Rudy.

“Setiyaki itu orang yang kecil tapi kendel dan berani gebrakan. Seperti saat membuat gebrakan bersama mengendarai mobil Esemka dari Solo-Jakarta. Ini sebuah amanah yang diberikan kakak saya Pak Rudy untuk mengenakan kostum ini,” ungkapnya.

Pilihan Rudy dengan memberikan kostum Setiyaki lantaran sama-sama berkumis. “Setiyaki itu wayang yang ada kumisnya, cocok. Dia juga memiliki senjata Gada Wesikuning,” ujar Roy.

Disinggung makna wayang, Roy mengungkapkan para tokoh wayang bisa diambil untuk falsafah kehidupan sehari-hari. “Wayang itu juga sebagai bentuk komunikasi. Zaman Bung Karno dulu wayang suluh,” ungkapnya.

Rudy menambahkan wayang selain enak dilihat wayang juga bisa cerita pewayangan bisa menjadi tuntunan. “Wayang itu tontonan dan tuntunan,” katanya.

Di sela-sela persiapan karnaval tersebut, aksi Ketua DPRD Solo, YF Sukasno, sempat mengundang tawa dari para peserta wayang dan penonton. Mengenakan kostum Hanoman, Sukasno beraksi layaknya tokoh yang diperakannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

solo budaya wayang roy suryo batik

Sumber : Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/SOLOPOS

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top