Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERETA API Medan-Bandara Kuala Namu beroperasi secara bertahap

MEDAN – Operasional Kereta Api Bandara Kuala Namu akan dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kesiapan sarana prasarana, serta infrastruktur pendukung transportasi massal itu. Plt Direktur Utama PT Railink Husein Nurroni,

MEDAN – Operasional Kereta Api Bandara Kuala Namu akan dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kesiapan sarana prasarana, serta infrastruktur pendukung transportasi massal itu.

Plt Direktur Utama PT Railink Husein Nurroni, Jumat (8/2), mengemukakan selama 2013 – 2015, pihaknya akan mengoperasikan empat set kereta api yang masing-masing set terdiri dari empat gerbong, sehingga total 16 gerbong dengan kapasitas penumpang 172 orang per set.

Untuk tahap pertama, yaitu 2013 – 2015, jelasnya, kereta api akan melakukan perjalanan 26 kali per hari, dengan rincian 13 kali berangkat dari Stasiun Kuala Namu dan 13 kali berangkat dari Stasiun Medan.

Sementara itu, selanjutnya pada 2016– 2017, jumlah perjalanan akan ditambah menjadi 34 perjalanan setiap hari dengan asumsi lintas antara Stasiun Medan- Stasiun Bandar Khalifah dan antara Stasiun Araskabu-Stasiun Batang Kuis ada penambahan stasiun baru.

Tahap selanjutnya, paparnya, setelah 2018, kereta api ditargetkan telah dapat melakukan 42 perjalanan per hari, dengan asumsi lintas antara Stasiun City Railink Station (CRT) Medan- Stasiun Airport Railink Services (ART) Kuala Namu telah dibangun double track.

Husein Nurroni menambahkan untuk rencana waktu perjalanan kereta api masih menyesuaikan jadwal pesawat. Namun, pihaknya mempersiapkan kereta api dari Stasiun Medan menuju Stasiun Kuala Namu beroperasi mulai pukul 04.30 WIB sampai pukul 19.10 WIB.

“Sedangkan untuk waktu operasional kereta api yang berangkat dari stasiun Kula Namu menuju Stasiun Medan beroperasi mulai jam 07.30 WIB sampai jam 20.30 WIB ,” tambahnya.

Lebih jauh, dia menyebutkan ke depan untuk layanan pembelian tiket akan dilengkapi dengan system e-ticketing dan smart card, jadi penumpang dapat membeli tiket di Tiket Vending, Machine dengan menggunakan e-money atau dengan kredit/debit/ repaid.

Stasiun Kereta Api Bandara Kuala Namu direncanakan akan dipenuhi berbagai fasilitas modern untuk kemudahan penumpang, seperti airlines ticket counters, e-ticketing, waiting lounge, retail commercial area, nursery, ATM center dan hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Others
Sumber : Tomi Razalik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper