Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: 1/3 Dana Mitigasi Diharapkan Cair Tahun ini

JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum berharap sepertiga dana untuk mitigasi banjir Jakarta atau sebesar Rp646,7 miliar dapat dicairkan tahun ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 31 Januari 2013  |  20:34 WIB

JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum berharap sepertiga dana untuk mitigasi banjir Jakarta atau sebesar Rp646,7 miliar dapat dicairkan tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum mengungkapkan pencairan anggaran itu dimaksudkan untuk pengerjaan sodetan Ciliwung-Banjir Kanal Timur (BKT) yang dinilai sangat urgen untuk mengurangi banjir Ciliwung.

"PU mengusulkan agar tambahan  anggaran untuk banjir Jakarta sebesar Rp2,037 triliun ke Kementerian Keuangan. Tahun ini kami berharap bisa cair sepertiganya," papar Djoko Kirmanto dalam rapat kerja antara Komisi V DPR RI, Kementerian PU, Gubernur Banten, Gubernur DKI Jakarta, Sekda Jawa Barat, hari ini, Kamis (31/1/2013).

Dana Rp646,7 miliar itu akan dimanfaatkan untuk pembangunan sodetan sepanjang 2,1 kilometer sebesar Rp 184,5 miliar, penyediaan prasarana drainase sekitar Rp90 miliar, normalisasi Kali Ciliwung mencapai Rp257,5 miliar, dan penyediaan peralatan tanggap darurat Rp114,7 miliar.

Jika anggaran itu dapat cair tahun ini maka tender untuk pembangunan dapat segera dilakukan. Sisa anggaran dapat dicairkan tahun mendatang karena pengerjaan proyek mitigasi banjir merupakan program multiyears.

Sementara itu total dana untuk mitigasi banjir Jakarta mencapai Rp2,037 triliun. Adapun rincian alokasi dana tersebut ialah pembangunan sodetan Kali Ciliwung-BKT Rp545 miliar, normalisasi Kali Ciliwung Rp1,287 triliun, dan penyediaan dana tanggap darurat 114,7 miliar. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola / Dimas Novita Sari

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top