Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Normalisasi Ciliwung, 30.000 KK bakal kena relokasi

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengungkapkan lahan yang perlu dibebaskan di sekitar sungai Ciliwung mencapai 60 meter-70 meter. Pembebasan lahan itu dilakukan untuk normalisasi sungai Ciliwung.Yang pasti berat, kondisi saat ini

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengungkapkan lahan yang perlu dibebaskan di sekitar sungai Ciliwung mencapai 60 meter-70 meter. Pembebasan lahan itu dilakukan untuk normalisasi sungai Ciliwung.

"Yang pasti berat, kondisi saat ini hanya 10 meter-15 meter. Kita harus bebaskan 60 meter-70 meter," papar DJoko di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Dengan lebar mencapai 70 meter itu berarti akan banyak warga yang harus direlokasi. Jumlah penduduk di sekitar sungai Ciliwung diperkirakan mencapai 30.000 kepala keluarga. Sebelum relokasi itu pemerintah berencana menyiapkan rumah susun untuk warga Ciliwung di daerah Pasar Rumput Manggarai.

Sementara untuk pengerjaan konstruksi normalisasi sungai Ciliwung diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 tahun. Total dana yang dibutuhkan untuk normalisasi sungai dan pembangunan sodetan Ciliwung mencapai Rp2 triliun. Dana itu direncanakan masuk dalam anggaran tahun 2013 sehingga proyek itu dapat segera ditenderkan.

"Yang penting anggaran ada tahun ini sehingga bisa segera ditenderkan, walaupun penyerjaannya akan multiyears," paparnya. (arh)



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper