Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Normalisasi Ciliwung, 30.000 KK bakal kena relokasi

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengungkapkan lahan yang perlu dibebaskan di sekitar sungai Ciliwung mencapai 60 meter-70 meter. Pembebasan lahan itu dilakukan untuk normalisasi sungai Ciliwung."Yang pasti berat, kondisi saat ini
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Januari 2013  |  12:47 WIB

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengungkapkan lahan yang perlu dibebaskan di sekitar sungai Ciliwung mencapai 60 meter-70 meter. Pembebasan lahan itu dilakukan untuk normalisasi sungai Ciliwung.

"Yang pasti berat, kondisi saat ini hanya 10 meter-15 meter. Kita harus bebaskan 60 meter-70 meter," papar DJoko di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Dengan lebar mencapai 70 meter itu berarti akan banyak warga yang harus direlokasi. Jumlah penduduk di sekitar sungai Ciliwung diperkirakan mencapai 30.000 kepala keluarga. Sebelum relokasi itu pemerintah berencana menyiapkan rumah susun untuk warga Ciliwung di daerah Pasar Rumput Manggarai.

Sementara untuk pengerjaan konstruksi normalisasi sungai Ciliwung diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 tahun. Total dana yang dibutuhkan untuk normalisasi sungai dan pembangunan sodetan Ciliwung mencapai Rp2 triliun. Dana itu direncanakan masuk dalam anggaran tahun 2013 sehingga proyek itu dapat segera ditenderkan.

"Yang penting anggaran ada tahun ini sehingga bisa segera ditenderkan, walaupun penyerjaannya akan multiyears," paparnya. (arh)



 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top